Dito Ariotedjo Menpora Baru Pernah Masuk Forbes Under 30, Mengembalikan Tradisi Berkumis
Dito Ariotedjo. (instagram @ditoariotedjo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah lengsernya Zaenudin Amali yang memutus sebuah tradisi unik. Kini Wajah Menpora kembali dihiasi dengan Kumis meskipun tidak selebat Menpora sebelum Zaenudin Amali.

Dito Ariotedjo mengembalikan tradisi kumis pada Menpora. Tentunya ini sangat menarik karena identitas dari Menpora selama 15 tahun selalu berkumis. Bahkan kini kembali lagi Dito Ariotedjo menghiasi wajahnya dengan kumis meski tipis.

Dito Ariotedjo juga memiliki fakta menarik yang dilirik netizen. Beliau pernah menemani istrinya untuk menonton konser Blackpink.

"Minggu malam nemenin @nienakr 💖menikmati hiburan spektakular @blackpinkofficial di GBK.. Menjadi Blink satu malam ditengah lautan penonton baju pink, dan sampai hari ini masih terngiang lagunya dikepala sambil joget-joget kecil di kantor 😆😆😆,” tulis Dito dalam unggahan sosial medianya tanggal 13 Maret 2023.

Selain ikut istri menonton konser Balckpink Dito Ariotedjo juga hobi bersepeda. Bahkan karir pertamanya Dito Ariotedjo pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pada tahun 2015 meskipun hanya memegang selama satu tahun.

Nama Dito Ariotedjo kabarnya disodorkan oleh Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar, kepada Presiden Jokowi. Namun jika menginginkan mendetail inilah profil Dito Ariotedjo

Siapa Sebenarnya Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo terlahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Ayahnya merupakan mantan Bos Antam yang menjadi Direktur Utama PT Aneka Tambang sejak 2017 hingga berhenti pada 2019.

Dito Ariotedjo Lahir pada tanggal 25 September 1990, berusia 32 tahun. Merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dua kakak Dito yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo.

Dito Ariotedjo merupakan menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Tentunya ini menggeser Nadiem Makariem yang sebelumnya memegang cerita Menteri Termuda dalam pemerintahan.

Dito Ariotedjo pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022. Selain itu Dito merupakan Chairman Rans Nusantara FC bersama Raffi Ahmad membentuk Rans Sport.

Dito Ariotedjo memiliki istri cantik bernama Niena Kirana Riskyana yang dinikahi pada 31 Maret 2018. Keluarga kecil bahagia ini memiliki seorang putri bernama Sadia Kiera Nadashana atau biasa disapa Sadia. Sadia lahir pada Januari 2020 dan semakin membuat karir Dito melejit.

Urutan karirnya tercatat pada tahun 2010 di mana saat itu sebelum Booming Startup Dia membuat Grupara dan juga memiliki co working space.

Bergabung di dunia Politik pada tahun 2016 melalui partai Golkar. Merupakan anak kesayangan dari Airlangga dengan kapasitasnya yang mumpuni Beliau memang layak untuk menjadi pemimpin karena Forbes juga mencatat sebagai orang berpengaruh Under 30.

Dito Ariotedjo sebenarnya bukanlah calon tunggal, beliau dicalonkan bersama dua nama lain yaitu Ilham Permana dan Putri Komarudin. Hanya saja Dito terpilih untuk mengisi kursi Menpora, tentunya bukan untuk mengembalikan tradisi berkumis pada Menpora tetapi untuk membuat Olahraga Indonesia lebih baik lagi.

Menjadi salah satu orang yang terlihat berbakat dalam dunia politik membuat Dito Ariotedjo menjabat sebagai ketua DPP Bidang Inovasi Sosial dan Ormas pada 2017-2019.

Selain itu berlanjut menjadi  ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Inovasi pada 2019-2024.

Pada April 2022, Dito masuk dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar.

Fakta Fakta Menarik Menpora Dito Ariotedjo

Menjadi Menteri Termuda dalam Kabinet Indonesia Maju yang sebelumnya dipegang Nadiem Makariem, Dito Ariotedjo tercatat meraih predikat 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia pada 2020 dengan gerakan AMPI yang dipimpinnya pada saat itu.

Dito Ariotedjo pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Fakta yang sangat unik adalah Berkumis dan mengembalikan tradisi Menpora yang diputus oleh Zaenudin Amali. Untuk berita terkait Zaenudin Amali yang tak lagi jabat menpora bisa dibaca disini

Latar Belakang Pendidikan Dito Ariotedjo

Dito menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita 2 Jakarta. Setelah itu Dito melanjutkan studinya di SMP Al-Izhar Jakarta, Dia menempuh pendidikan di SMA Negeri 6 Jakarta setelahnya.

Setelah lulus Dito Ariotedjo mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 2012. Ikuti terus VOI.id untuk berita menarik lainya.