Bagikan:

JAKARTA - Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju menggantikan Zainudin Amali sebagai sesama kader Golkar usai dilantik Presiden Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berharap, Dito bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap dunia olahraga dan kepemudaan di Indonesia.

"Harapannya tentu mengembalikan kepercayaan terhadap olahraga dan kepemudaan, diharapkan bisa melibatkan kelompok masyarakat di level masyarakat," kata Airlangga usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 3 April.

Airlangga membeberkan alasan Golkar menyodorkan Dito kepada Jokowi sebgaai Menpora yang baru. Menurut dia, Dito merupakan kader Golkar yang memiliki kapasitas mumpuni di bidang olahraga dan kepemudaan.

"Kan arahan Pak Presiden menghendaki Menteri Pemuda yang memang berusia muda. Nah, salah satu kader Partai Golkar yang selama ini juga cukup menonjol adalah Saudara Dito Ariotedjo dan itu sedang bertugas menjadi tenaga ahli di kantor saya," urai Airlangga.

Dito dilantik di Istana Negara berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Dito dilantik bersamaan dengan pelantikan Komjen Pol Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Diketahui, Dito merupakan merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

SBY.