Menpora Tanggapi Jersey Baru Timnas Indonesia yang Disebut Mirip Singapura: Kita Lebih Dulu 
Menpora Dito Ariotedjo menghadiri peluncuran jersey baru Timnas Indonesia (VOI/Ulfa Gusti).

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo angkat bicara soal jersey baru Timnas Indonesia yang ramai disebut serupa dengan milik Timnas Singapura. Hal itu disampaikan Dito saat hadir di peluncuran resmi jersey Timnas Indonesia di Jakarta Selatan pada Senin, 18 Maret 2024.

Untuk edisi terbaru kali ini, Erspo digandeng sebagai produsen resmi penyedia jersey Skuad Garuda. Dalam desain terbarunya, seragam didominasi  warna utama merah sebagai jersey kandang dengan perpaduan garis putih di bagian kerah bundar dan lengan jersey.

Sementara untuk bagian logo Garuda, masih mempertahankan shield dengan tulisan 'Indonesia' di bagian atasnya.

Sebelum resmi dirilis, desain jersey anyar Timnas Indonesia sempat bocor ke publik. Hal itu menuai beragam komentar yang lebih condong pada kritikan karena dinilai sangat mirip dengan jersey Timnas Singapura.

Menanggapi kritikan itu, Menpora angkat bicara. Dito mengatakan bahwa kemiripan pada desain jersey tidak bisa dikatakan mirip 100 persen, apalagi kesamaan tersebut muncul akibat pola pada desain jersey tidak terlalu banyak.

“Saya rasa kalau dibilang mirip, tidak terlalu mirip sebenarnya. Namun, pasti setiap jersey benchmark dan desain (pola) jersey ini 'kan tidak banyak,” ucap Dito Ariotedjo usai acara peluncuran pada Senin,18 Maret 2025.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dito turut menyentil soal desain yang jadi perbincangan. Katanya Timnas Indonesia sudah terlebih dahulu menggunakan desain jersey saat ini daripada Singapura. Soalnya, jersey serupa pernah dikenakan pada 1981.

Apalagi jika melihat latar belakang dari filosofi jersey terbaru Skuad Garuda, pihak produsen juga menyebut bahwa desainnya memang terinspirasi dari skuad Garuda saat menumbangkan Jepang pada 1981.

“Saya rasa ini sudah dari 1981. Jadi, seharusnya kita duluan,” tutur Dito.

 

Setelah resmi dirilis, jersey terbaru ini akan digunakan Skuad Garuda saat menjamu Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 21 Maret 2024.

Kemudian, Timnas Indonesia akan melawat ke markas Vietnam, Stadion My Dinh, pada 26 Maret 2024.

Timnas Indonesia, Jersey Timnas Indonesia, Menpora, Dito Ariotedjo, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia, Sepak Bola Nasional

Menpora Dito Ariotedjo sentil kritik bahwa jersey Timnas Indonesia mirip Singapura.

Menpora Dito Ariotedjo menghadiri peluncuran jersey baru Timnas Indonesia (VOI/Ulfa Gusti).