Sudah Ada 12 Korban, Ini <i>Timeline</i> Manajer Premier League Inggris yang Dipecat Musim 2022/2023
Graham Potter didepak dari posisi manajer Chelsea. (Foto: Twitter/@ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA – Graham Potter menjadi manajer ke-12 yang dipecat di Premier League Inggris musim ini. Ini memperpanjang rekor pergantian manajer dalam satu musim di kasta tertinggi Inggris tersebut.

Pemecatan Antonio Conte yang dilakukan oleh Tottenham Hotspur bulan lalu telah melampaui rekor sebelumnya, yaitu 10 kali. Jumlah tersebut meningkat menjadi 11 kali ketika Leicester memecat Brendan Rodgers.

Rodgers, 50, dipecat Leicester City setelah kekalahan Crystal Palace pada akhir pekan kemarin. Hasil yang membuat The Foxes semakin terpuruk di zona degradasi.

Setelah kedua nama di atas, Potter pun didepak dari kursi pelatih Chelsea setelah kekalahan 0-2 atas Aston Villa. Hasil yang membuat The Blues tetap bertahan di papan tengah klasemen sementara dengan koleksi 38 poin.

Berikut timeline pemecatan manajer Premier League Inggris musim 2022/2023:

Agustus 2022: Scott Parker

Parker membawa Bournemouth promosi musim lalu, tetapi tidak berhasil melewati bulan pertama mereka di Premier League Inggris setelah kekalahan 0-9 dari Liverpool.

September 2022: Thomas Tuchel

Kekalahan mengejutkan di Liga Champions Eropa dari Dinamo Zagreb membuat Chelsea memecat Thomas Tuchel. The Blues kemudian dengan cepat menggaet Graham Potter Brighton untuk menggantikannya.

Oktober 2022: Bruno Lage dan Steven Gerrard

Wolverhampton Wanderers terlebih dahul berpisah dengan Bruno Lage di awal bulan, sebelum Steven Gerrard dipecat Aston Villa.

November 2022: Ralph Hasenhuttl

Hasil yang tidak memuaskan yang didapat Southampton membuat Ralph Hasenhuttl dipecat dan digantikan oleh Nathan Jones.

Januari 2023: Frank Lampard

Everton yang sedang khawatir akan didegradasi membuat Frank Lampard kehilangan perannya di Goodison Park.

Februari 2023: Jesse Marsch dan Jones

Leeds mengakhiri masa-masa sulit Jesse Marsch sebagai pelatih sebelum Jones menjadi korban kedua Southampton musim ini setelah hanya tiga bulan menjadi pelatih.

Maret 2023: Patrick Vieira dan Antonio Conte

Crystal Palace memecat Patrick Vieira setelah 12 pertandingan tanpa kemenangan sebelum hubungan Conte yang semakin renggang dengan Spurs berakhir.

April 2023: Brendan Rodgers dan Graham Potter

Rodgers diberhentikan setelah Leicester City menelan kekalahan di menit-menit akhir melawan Crystal Palace, yang memperpanjang catatan tanpa kemenangan mereka menjadi enam pertandingan. Menyusul Potter diberhentikan hanya beberapa jam kemudian.

Sebelum musim ini, rekor jumlah pemecatan di Premier League adalah 10 yang terjadi pada tiga kesempatan sebelumnya.

Musim 2013/2014 adalah musim pertama di mana angka pemecatan naik dua kali lipat. Pada saat itu Fulham menyumbangkan dua dari jumlah tersebut, saat Martin Jol dan Rene Meulensteen dipecat.

Ada rekor 15 pemecatan pada 2017/2018, dengan 10 pemecatan terjadi selama musim ini. Itu termasuk dua pemecatan dari Southampton (Claude Puel dan Mauricio Pellegrino) dan West Brom (Tony Pulis dan Alan Pardew).