Deretan Angka dan Rekor dalam Perjalanan Guardiola Melakoni 250 Laga Premier League Inggris Bersama Manchester City
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Laga Manchester City kontra Aston Villa pada pekan ke-23 Premier League Inggris di Etihad Stadium punya makna luar biasa buat sang manajer, Pep Guardiola.

Ini merupakan pertandingan ke-250 Guardiola di kancah Premier League bersama Manchester City. Laga ini kian sempurna setelah The Citizens menang 3-1 atas tamunya.

Sejumlah pencapaian pun diraih pria asal Spanyol itu setelah melakoni 250 pertandingan di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Berikut ini adalah angka-angka menarik dalam perjalanan Guardiola di Premier League Inggris bersama City, seperti dilansir dari Stats Perform:

1 - Guardiola memiliki tingkat kemenangan tertinggi dari manajer mana pun yang pernah melatih dalam 100 pertandingan atau lebih di Premier League Inggris (73,6 persen).

29 - Guardiola adalah manajer ke-29 yang mencapai tonggak 250 pertandingan dalam sejarah Premier League Inggris.

184 - Setelah kemenangan City atas Villa, Guardiola telah memenangkan 184 pertandingannya di kompetisi tersebut. Ini adalah total karir Premier League Inggris yang hanya dikalahkan oleh lima manajer lainnya (Jose Mourinho, Harry Redknapp, David Moyes, Arsene Wenger dan Alex Ferguson).

Penghitungan kemenangannya adalah yang terbanyak dari manajer mana pun dalam 250 pertandingan pertama mereka di kompetisi (Jurgen Klopp di urutan kedua, dengan 160).

34 - City hanya kalah 34 pertandingan liga di bawah Guardiola.

4 - Dari kekalahan itu, empat di antaranya terjadi saat melawan Liverpool asuhan Klopp, tetapi Tottenham-lah yang sulit dilawan Guardiola. Dia telah kalah enam kali dari Spurs di papan atas, termasuk lima dari tujuh pertemuan terakhir mereka.

115 - Terkenal karena permainan menyerang mereka yang gemilang, City tetap membangun kesuksesan mereka di pertahanan yang pelit di bawah Guardiola, yang timnya mencatatkan 115 clean sheet.

621 - City besutan Guardiola telah mencetak 621 gol di Premier League Inggris.

204 - Sebaliknya, mereka hanya kebobolan 204 kali.

Rekor Guardiola bersama City

Kemenangan liga terbesar Guardiola sebagai bos City tercipta saat melawan Watford pada September 2019 (8-0).

City merebut gelar liga pertama mereka di bawah Guardiola pada musim 2017-18, menjadi tim pertama dalam sejarah kompetisi yang meraih 100 poin dalam satu musim.

Rekor lainnya adalah 16 kemenangan tandang dan 106 gol mereka di musim itu.

Pada musim yang sama, City memenangkan 32 pertandingan, angka tertinggi dari kompetisi lainnya, dan City menyamai total itu di musim berikutnya.

City mencatatkan 18 kemenangan beruntun antara 26 Agustus dan 27 Desember 2017. Penghitungan itu belum lebih baik, meski disamai Liverpool pada musim 2019-20 (seperti rekor 32 kemenangan dalam satu musim).

Pada tahun 2021, City asuhan Guardiola mencetak 113 gol, rekor gol Premier League Inggris dalam satu tahun kalender. Rentetan 14 kemenangan City untuk mengakhiri musim 2018-19 adalah sebuah rekor.

Begitu pula 12 kemenangan tandang berturut-turut antara Desember 2020 dan Mei 2021.