Tiga Pemain Naturalisasi Punya Peluang Perkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023
Ivar Jenner, pemain naturalisasi Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/@ivarjnr)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia berpeluang mendapat tambahan amunisi tiga pemain naturalisasi pada ajang Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick adalah tiga nama yang dimaksud. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan semua berkas sebagai persyaratan naturalisasi mereka saat ini sudah berada di tangan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI.

"Kemarin saya diberi kabar baik oleh Hamdan Hamedan tentang perkembangan terkini proses naturalisasi Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Alhamdulillah, dokumen ketiganya kini sudah berada di Kemensetneg RI," demikian tulis Iriawan dalam unggahan terbaru di Instagram.

Sesuai alur naturalisasi maka berkas ketiga nama itu nanti akan dikaji oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Berkas mereka kemudian dikembalikan ke Kemensetneg sebelum diserahkan ke DPR RI.

Puncak naturalisasi mereka untuk mendapat kewarganegaraan Indonesia adalah Keputusan Presiden dilanjutkan dengan sumpah di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

"Dengan demikian, proses naturalisasi hanya tinggal sebentar lagi. Kita doakan agar semua berjalan dengan lancar. Jujur saja, saya dan juga pecinta sepak bola tanah air pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan mereka bisa bermain bagi Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20," lanjut Iriawan.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 untuk pertama kalinya. Kompetisi itu nantinya akan berlangsung di enam stadion yang tersebar di Indonesia, yakni Jalak Harupat (Bandung), I Wayan Dipta (Bali), Gelora Sriwijaya (Palembang), Manahan (Surakarta), Gelora Bung Karno (Jakarta), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Sejauh ini sudah ada 15 tim yang memastikan diri lolos ke ajang itu, termasuk Indonesia yang otomatis mendapat tiket putaran final karena berstatus tuan rumah.

Adapun 14 negara yang lain dipastikan akan berlaga di Indonesia adalah Italia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Kolombia, Uruguay, Fiji, Selandia Baru, Brasil, Slovakia, Israel, Prancis, dan Inggris.