Lionel Messi hingga Erling Haaland, Berikut Ini 5 Bintang Sepak Bola yang Bersinar di Piala Dunia U-20
Pemain Manchester City dan Timnas Norwegia, Erling Haaland. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA – Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan dimulai pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Total sebanyak 24 tim akan bertarung memperebutkan trofi di ajang itu.

Kompetisi ini telah membangun reputasi sebagai penghasil bintang-bintang pesepak bola di masa depan, tidak terkecuali edisi tahun ini di Indonesia.

Di edisi-edisi sebelumnya, sudah ratusan pemain berbakat lahir dari ajang ini. Legenda asal Argentina Diego Maradona termasuk di antara salah satu pesepak bola yang pernah mengasah kemampuan mereka di kompetisi ini.

Berikut ini ada lima bintang pesepak bola aktif saat ini yang tampil mengesankan dalam beberapa edisi terakhir Piala Dunia U-20, termasuk Paul Pogba dan Lionel Messi:

1. Erling Haaland

Pada turnamen edisi 2019 di Polandia, Norwegia memainkan laga ketiga fase grup melawan Honduras tanpa membawa harapan apa pun setelah kekalahan dari Uruguay dan Selandia Baru di dua laga pertama.

Setelah gagal mencetak gol di dua laga awal penyisihan grup, Haaland tampil segar melawan Honduras. Dia hanya butuh waktu tujuh menit untuk mencetak gol pertamanya di turnamen ini usai menyambar umpan dari Jens Hauge.

Pemain yang kini membela Manchester City tersebut kemudian menambahkan tiga gol lagi sebelum jeda untuk membantu Norwegia memimpin dengan keunggulan 5-0.

Di paruh kedua laga, Haaland tampil semakin beringas dengan mencetak lima dari tujuh gol berikutnya untuk membantu Norwegia meraih kemenangan 12-0. Ini menjadi kemenangan terbesar yang pernah ada di Piala Dunia U-20.

Sembilan gol Haaland ke gawang Honduras merupakan yang terbanyak yang dicetak oleh seorang pemain di kompetisi ini sejak Javier Saviola mengemas 11 gol untuk Argentina pada tahun 2001. Haaland pun kemudian mendapat Sepatu Emas ajang ini.

2. Fikayo Tomori

Skuat Inggris yang menjuarai Piala Dunia U-20 di Republik Korea pada tahun 2017 dipenuhi dengan wajah-wajah berkualitas dan familiar termasuk di antaranya adalah Tomori.

Tomori berada di antara barisan belakang The Three Lions yang hanya kebobolan tiga kali dalam perjalanan mereka ke final. Selama di kompetisi, Tomori selalu menjadi pilihan utama bagi juru taktik Paul Simpson.

Pada saat itu Tomori bekerja sama dengan Jake Clarke-Salter atau Dael Fry untuk membantu Inggris memuncaki Grup A. Mereka lalu mengalahkan Kosta Rika, Meksiko, dan Italia sebelum menekuk Venezuela di final.

3. Sergej Milinkovic-Savic

Serbia yang tidak disangka-sangka bisa keluar sebagai juara di Selandia Baru 2015. Itu tidak lepas dari peran yang dimainkan Sergej Milinkovic-Savic sebagai gelandang.

Milinkovic-Savic, yang telah meraih 39 caps untuk tim senior dan menjadi salah satu gelandang paling berprestasi di Eropa, tampil di ketiga laga fase grup, mencetak gol tendangan bebas yang luar biasa saat menghadapi Mali dan menciptakan gol pertama dalam kemenangan 2-0 atas Meksiko.

Ia sempat tidak diturunkan saat kemenangan di babak 16 besar atas Hungaria sebelum kembali tampil di perempat final melawan Amerika Serikat dan kemenangan berikutnya atas Mali di babak semifinal.

Milinkovic-Savic kemudian memainkan perannya dalam kemenangan dramatis 2-1 atas Brasil di final. Dia pun meraih penghargaan Bola Perunggu usai turnamen.

4. Paul Pogba

Pogba adalah salah satu dari tiga pemain yang memenangkan Bola Emas Piala Dunia U-20 sekaligus mengangkat trofi ajang tersebut. Pogba menikmati turnamen yang luar biasa pada tahun 2013 saat ia menjadi kapten Les Bleues saat menjadi juara di Turki.

5. Lionel Messi

Pada tahun 2005, Messi menjadi pemain ketiga yang memenangkan Bola Emas dan Sepatu Emas di Piala Dunia U-20. Dia mengikuti jejak Geovani dari Brasil dan rekan senegaranya Saviola.

Ketika itu Messi membantu La Albiceleste pulih dari kekalahan di laga pertama untuk lolos dari fase grup. Dia mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Mesir dan memberi assist untuk gol kemenangan melawan Jerman.

Messi pun tampil luar biasa setelah itu dengan tidak pernah absen mencetak gol di setiap pertandingan babak gugur untuk membawa Argentina ke final. Dia kemudian mengantongi dua gol dalam pertandingan final melawan Nigeria untuk memastikan Argentina menang 2-1.

Messi tetap menjadi satu-satunya pemain selain Maradona yang memenangkan Piala Dunia di level U-20 dan senior.