Daftar Nomine Ballon d'Or: Lionel Messi Kembali, Cristiano Ronaldo Menghilang
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi. (Foto: Twitter @Argentina)

Bagikan:

JAKARTA – Bintang timnas Argentina Lionel Messi memimpin daftar pendek nomine Ballon d'Or 2023. Dalam daftar itu, saingannya Cristiano Ronaldo tidak ada.

Pemain Inter Miami itu untuk pertama kalinya kembali masuk ke dalam nomine setelah secara mengejutkan tidak ada dalam daftar 30 pemain yang akan menerima penghargaan ini pada tahun 2022 lalu.

Sayang, dalam daftar kali ini tidak ada nama pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo. Bintang internasional Portugal itu tidak masuk dalam daftar untuk pertama kalinya sejak 2003.

Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid ini mengakhiri perjalanan kariernya di sepak bola Eropa pada bulan Desember lalu dan memutuskan bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Nassr.

Messi, yang mengantar Argentina juara Piala Dunia 2022 dan Paris Saint-Germain mengangkat trofi Ligue 1 Prancis, masuk daftar bersama beberapa bintang dari Premier League Inggris.

Salah satunya adalah pemain Manchester City Erling Haaland. Bintang internasional Norwegia ini musim lalu menjadi bagian penting klub yang meraih treble (tiga gelar mayor dalam semusim).

Pemain internasional Prancis Kylian Mbappe juga berada di daftar penerima penghargaan bergengsi ini, yang dimenangkan oleh penyerang asal Prancis, Karim Benzema, tahun lalu.

Banyak yang berspekulasi bahwa Messi, setelah memastikan gelar Ligue 1 bersama PSG dan gelar Piala Dunia bersama Argentina pada bulan Desember lalu, akan meraih trofi tersebut pada tahun 2023.

Dari deretan nama yang ada di daftar 30 besar nomine, pesaing paling serius buat Messi tentunya Haaland. Eks pemain Dortmund ini begitu gemilang membantu City menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions Eropa pertama.