Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir bakal menghadapi jadwal padat menjelang Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni mendatang. Sepanjang bulan Maret, dia sudah harus merealisasikan berbagai agenda.

Agenda pertama yang bakal dilakukan Erick Thohir adalah meninjau langsung enam provinsi yang akan menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2023. Pria yang juga Menteri BUMN itu akan meninjau kesiapan stadion utama dan pendamping mulai Sabtu, 11 Maret.

"Besok saya mau mulai kunjungan ke Sumatera Selatan, lalu Bandung, Solo, Bali. Senin akan ke Jawa timur, terus Jakarta," beber Erick Thohir soal jadwal padatnya dalam jumpa pers di GBK Arena, Senayan pada Jumat,10 Maret malam WIB.

Dalam agenda peninjauan provinsi itu, Erick Thohir tak sendiri. Ia menyebut akan ditemani oleh petinggi dan perwakilan dari provinsi yang didatanginya.

"Besok pak Herman Deru akan hadir sebagai Gubernur Sumsel, di Bandung ada Pak Ridwan Kamil juga akan hadir. Nanti di Solo ada Pak Gibran juga akan hadir," lanjutnya.

Agenda peninjauan ini dilakukan Erick Thohir sebagai upaya menghindari pencoretan dua dari enam stadion yang jadi venue Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya FIFA telah menyatakan akan mengaudit enam stadion itu pada 21-27 Maret mendatang.

Sejauh ini enam stadion yang telah diajukan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Tak hanya melakukan kunjungan untuk meninjau venue Piala Dunia U-20 2023, agenda padat Erick Thohir akan berlanjut dengan kunjungan ke Rwanda, Afrika pada Senin, 14 Maret.

Ditemani beberapa Exco, Erick Thohir dan rombongan yang mewakili PSSI di Rwanda guna menghadiri agenda Kongres FIFA yang akan berlangsung pada Rabu, 16 Maret di kota Kigali.

Sepulangnya dari Rwanda, Erick akan langsung menghadiri Sarasehan Sepak Bola Nasional bersama klub Liga 3 dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI. Erick juga akan menonton laga uji coba Timnas Indonesia.

"Tanggal 19 ada sarasehan sama Asprov-Asprov karena di bawah Asprov ada pembinaan," ucap Erick Thohir.

Agenda terakhir yang akan dijalani Erick Thohir berlangsung pada akhir Maret. Agenda itu adalah drawing atau undian grup Piala Dunia U-20 2023 di Bali.

"Lalu tanggal 31 itu ada drawing di Bali untuk U-20. Jadi memang waktunya padat dan mohon dukungan," ucapnya mengakhiri.