Bagikan:

JAKARTA – Pertarungan penyatuan sabuk kelas berat antara jagoan Ukraina Oleksandr Usyk melawan juara WBC Tyson Fury yang rencananya digelar bulan depan terancam gagal.

Bentrok kedua petinju itu saat ini sedang dalam tahapan negosiasi. Mereka disebut-sebut akan naik ring untuk menyatukan semua sabuk kelas berat pada tanggal 29 April di Stadion Wembley.

Namun, rencana pertarungan tersebut sepertinya akan gagal terwujud. Ini karena kubu Fury diklaim tidak mau mengalah dengan berbagai persyaratan yang mereka ajukan untuk duel akbar tersebut.

Promotor Usyk, Alex Krassyuk, mengatakan kepada iD Boxing, pertarungan itu saat ini hampir tidak mungkin digelar pada April mendatang karena belum ada kesepakatan terkait pembagian hasil.

Kubu Usyk dilaporkan telah melakukan pembicaraan dan meminta pembagian pendapatan harus adil masing-masing 50 persen. Namun, pihak Fury menolak dan meminta mereka berhak mendapat lebih banyak.

Krassyuk mengatakan bahwa mereka bersedia menawarkan pembagian hasil 60 dan 40 persen, tetapi penawaran ini juga masih ditolak oleh kubu Fury. Karena itu, Krassyuk pun mulai frustasi.

Krassyuk mengklaim bahwa Gypsy King menuntut “terlalu banyak uang” agar pertarungan tersebut ia ditandatangani. Oleh karena itu, Usyk bisa beralih ke nama lain yang merupakan lawan wajibnya.

"Usyk berada di kamp pelatihan sejak Desember, jadi dia dalam kondisi yang sangat baik. Sebelum datang ke London, saya mengunjunginya di sana kondisi mental dan fisik yang sempurna," ujar Krassyuk dilansir The Sun.

Usyk, 36, saat ini sedang berlatih dan masih ingin bertarung. Namun, jika Fury bersikeras pada permintaannya maka Daniel Dubois bisa menjadi opsi karena dia adalah penantang wajib bagi gelar WBA Usyk.

Krassyuk pun sudah mengungkapkan bahwa petarung asal Greenwich tersebut adalah petinju pertama yang akan menghadapi Usyk jika pertarungan dengan Fury benar gagal menemui kesepakatan.

Dubois, 25 tahun, memiliki rekor menang-kalah 19-1 dan baru saja meraih empat kemenangan beruntun. Ia terakhir kali beraksi saat mengalahkan Kevin Lerena di Tottenham Hotspur Stadium akhir tahun kemarin.

Selain itu, Usyk juga bisa bertemu penantang wajib WBO Joe Joyce, yang mengalahkannya pada bulan November 2020. Namun, sang Juggernaut sudah punya jadwal pertandingan April nanti melawan Zhang Zhilei dari Tiongkok di Copper Box Arena, London.

Pembicaraan mengenai pertarungan antara Fury dan Anthony Joshua juga gagal pada bulan September lalu. Fury kemudian naik ring melawan Chisora pada Desember untuk mengamankan kemenangan.