Preview 16 Besar Liga Champions AC Milan Vs Tottenham Hotspur: Sama-sama Bawa Modal Mengecewakan
AC Milan akan menjamu Tottenham Hotspur di leg kedua Liga Champions. (Foto: Twitter/@ACMilan)

Bagikan:

JAKARTA – Tottenham Hotspur dan AC Milan sama-sama datang dengan modal kurang bagus saat mempersiapkan diri menjalani pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

Pertandingan kedua tim akan berlangsung di markas Spurs di Stadion Tottenham, Inggris, Kamis, 9 Maret 2023 pukul 03.00 dini hari WIB. Milan tandang dengan keunggulan 1-0 dari leg pertama.

Gol yang dicetak Brahim Diaz di awal laga tiga pekan lalu sedikit telah memudahkan jalan Rossoneri. Namun, kedua klub baru saja sama-sama mengalami kekalahan di kompetisi domestik menjelang duel mereka.

Spurs akan menjalani laga ini setelah menelan kekalahan tandang 0-1 di Premier League melawan Wolverhampton Wanderers. Itu kekalahan yang mereka rasakan hanya tiga hari setelah tersingkir di Piala FA akibat kalah dari tim divisi dua Sheffield United.

Sementara itu, Milan datang ke Inggris setelah hasil mengecewakan melawan Fiorentina di lanjutan Serie A Italia. Pasukan Stefano Pioli menderita kekalahan 1-2 yang membuat mereka tetap berada di luar empat besar klasemen sementara.

Dengan demikian, kedua tim tentu ingin memutus catatan buruk mereka pada saat bentrokan dini hari nanti. Tiket perempat final akan sangat berarti setelah kampanye Eropa mereka sebelum berjalan kurang begitu mulus.

Tim tamu beresiko tersingkir di babak 16 besar untuk ketiga kalinya dalam empat pertandingan terakhir mereka di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa. Mereka sebelumnya berhasil lolos dua kali dari tiga pertandingan kontinental terakhirnya setelah kalah di leg pertama.

Tiga kemenangan beruntun di Tottenham Hotspur Stadium melawan Manchester City, Chelsea, dan West Ham United, bisa menjadi alasan Spurs untuk optimis. Apalagi Milan tidak akan memasuki leg kedua dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Milan hanya berjarak 90 menit untuk mencapai perempat final Liga Champion untuk pertama kalinya sejak musim 2011/2012. Namun, mengembalikan kejayaan Rossoneri merupakan sebuah hal yang masih belum dicentang dalam daftar riwayat hidup Pioli.

Kemenangan atas Spurs menandai kemenangan kedua dari empat kemenangan beruntun di semua turnamen bagi Milan. Akan tetapi, perjalanan ke Artemio Franchi untuk menghadapi Fiorentina pada akhir pekan kemarin adalah hasil yang tidak akan membantu mereka di leg kedua.

Liga Champions merupakan peluang paling realistis terakhir Rossoneri untuk menambah koleksi trofi mereka musim ini. Namun, raksasa Italia itu dibayang-bayangi catatan buruk cuma dua kemenangan dalam delapan tandang terakhir mereka.

Selain itu, mereka juga hanya mengamankan kemenangan pada jumlah yang sama dari enam pertandingan tandang mereka di Liga Champions sejak 2021. Oleh karena itu, agak sulit bisa melihat mereka sanggup memburu gelar kedelapan dalam sejarah kompetisi.

Prediksi susunan pemain

Tottenham Hotspur (3-4-3): Forster; Romero, Lenglet, Davies; Emerson, Hojbjerg, Skipp, Perisic; Kulusevski, Kane, Son

AC Milan (3-4-3): Maignan; Kalulu, Kjaer, Tomori; Saelemaekers, Krunic, Tonali, Hernandez; Diaz, Giroud, Leao