Modal Minimalis AC Milan Menuju Tiket Babak Perempat Final Liga Champions Menyisakan Penyesalan
AC Milan menang tipis atas Tottenham Hotspur di leg pertama 16 besar Liga Champions. (Foto: Twitter/@ACMilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan mendapatkan modal untuk bisa lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Namun, modal tersebut tak boleh membuat klub Serie A Italia itu lupa diri.

AC Milan meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Tottenham Hotspur dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di San Siro, Milan pada Rabu, 15 Februari dini hari WIB.

Gol tunggal dalam pertandingan ini dicetak oleh Brahim Diaz di awal babak pertama, tepatnya pada menit ke-7. Sementara itu Tottenham tidak efektif dalam menyerang, mereka menciptakan 12 peluang tetapi hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Kemenangan ini menjadi modal bagi AC Milan yang akan bermain di Tottenham Hotspur Stadium untuk pertandingan leg kedua pada 9 Maret 2023.

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, merasa senang dengan hasil ini. Namun, dia tak begitu merasa puas dengan skornya.

"Ini pertandingan yang sulit, seperti yang kami harapkan. Ini performa yang bagus dan kami tahu betapa sulitnya di leg kedua nanti. Kami memainkan permainan yang harus kami mainkan, dengan fokus, determinasi, dan kerja tim. Saya puas," kata Pioli kepada Mediaset.

"Seorang pelatih selalu senang ketika dia melihat pekerjaan yang dilakukan selama seminggu dalam latihan diterapkan di lapangan. Para pemain bermain dengan semangat, determinasi, dan soliditas yang tinggi," lanjutnya.

Namun, ada penyesalan yang dirasakan Pioli. Menurutnya, juara Serie A 2021/2022 itu bisa mencetak lebih banyak gol dalam pertandingan ini.

Peluang dari Charles De Ketelaere dan Malick Thiaw bisa saja membuat AC Milan menuju leg kedua di London pada 8 Maret dengan keunggulan 3-0.

"Ya, ada dua gol yang bisa kami cetak. Namun, permainannya sangat sulit, mereka juga menyebabkan masalah bagi kami dan kami bertahan dengan sangat baik di set play, jadi ada banyak hal positif. Ini baru langkah pertama, langkah kedua akan lebih sulit lagi," ujar Pioli.

Susunan Pemain:

AC Milan (3-4-3): Ciprian Tatarusanu; Pierre Kalulu, Simon Kjaer, Malick Thiaw; Alexis Saelemaekers (Junior Messias 77'), Rade Krunic, Sandro Tonali (Tommaso Pobega 86'), Theo Hernandez; Brahim Diaz (Charles De Ketelaere 77'), Olivier Giroud, Rafael Leao (Ante Rebic 90'+1).

Tottenham (3-4-3): Fraser Forster; Cristian Romero, Eric Dier, Clement Lenglet (Ben Davies, 81'); Emerson Royal, Oliver Skipp, Pape Sarr, Ivan Perisic; Dejan Kulusevski (Richarlison 70'), Harry Kane, Son Heung-min (Arnaut Danjuma 81').