Kontingen Indonesia Mulai Panen Medali Emas di Piala Asia Rifle/Pistol 2023
Fathur Gustafian (tengah) meraih medali emas nomor 10 meter Rifle Putra kategori senior Piala Asia Rifle/Pistol 2023. (Foto via Antara/Perbakin)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia membuka keran medali emas pada ajang Piala Asia Rifle/Pistol 2023 pada Jumat, 3 Maret. Keran itu dibuka atlet menembak Fathur Gustafian.

Dia menjadi yang terbaik pada nomor 10 meter Air Rifle Putra kategori senior di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Jumat.

Fathur memastikan emas setelah di final mengalahkan wakil Korea Selatan Byounggil Choo dengan skor 17-15. Petembak andalan Merah Putih ini tampil konsisten dalam membidik sasaran.

Adapun perunggu menjadi milik wakil Malaysia Haritz yang pada perebutan peringkat berada di urutan ketiga dengan 257,4.

Sementara itu pada nomor 10 meter Air Rifle Putra kategori junior, Indonesia mendominasi dengan sapu bersih podium.

Athallah Ahza meraih medali emas setelah mencetak 618,7. Lalu Rifqi Ramdha mendapat perak setelah membukukan 616,9 dan Raditya Nur Pradana mendulang perunggu usai mengantongi skor 615,5.

Perlombaan 10meter Air Rifle Putra kategori senior dan junior menjadi pembuka dari total 23 nomor perlombaan baik kategori senior, junior, dan remaja dalam kejuaraan yang diikuti 12 negara tersebut.

Kemenangan Fathur juga menjadi awal yang baik bagi tuan rumah yang menargetkan menjadi juara umum. Berdasarkan data dari penyelenggara, terdapat 38 nama wakil Merah Putih yang bersaing.

Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah ajang menembak internasional sepanjang 2023 setelah Piala Dunia atau ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 di Lapangan Tembak Senayan, 27 Januari-7 Februari.

Ketika itu, tuan rumah menempati posisi keenam dalam klasemen perolehan medali dengan dua emas dan empat perunggu. Kazakhstan menjadi negara peserta dengan medali terbanyak yakni tiga emas, lima perak, dan tiga perunggu.