Undian All England 2023: Empat Wakil Indonesia Langsung Saling Bentrok
Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Hasil undian kejuaraan All England 2023 sudah dirilis induk bulu tangkis internasional (BWF). Empat wakil Indonesia harus langsung saling berhadapan satu sama lain pada babak pertama.

Kejuaraan paling bergengsi itu akan berlangsung dari 14 sampai 19 Maret nanti di Birmingham, Inggris. Indonesia total mengirim sebanyak 16 wakil ke kompetisi yang berlevel Super 1000 BWF itu.

Dari total itu, nomor ganda putra mendominasi dengan mengirim sebanyak enam wakil. Menyusul di urutan kedua tunggal putra dan ganda campuran yang masing-masing mengutus sebanyak empat wakil.

Sementara itu, tunggal dan ganda putri menjadi sektor dengan wakil paling sedikit. Kedua nomor itu mengirim satu wakil saja.

Di sektor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung jadi andalan dan pasangan peraih medali emas SEA Games 2021 Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi wakil di ganda putri. 

Meskipun mengirim banyak wakil, Indonesia sudah dipastikan harus kehilangan dua di antaranya pada babak pertama nanti. Itu karena hasil undian menempatkan empat wakil di antaranya langsung saling bentrok di tahap awal.

Bentrok empat wakil itu terjadi pada nomor ganda putra dan ganda campuran. Di ganda putra yang langsung saling berhadapan adalah pasasang veteran Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Sementara itu, di nomor ganda campuran yang langsung saling berjuang untuk saling mengalahkan adalah pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Selain pertemuan dini di babak pertama, beberapa wakil Indonesia juga sepertinya harus siap menghadapi tantangan berat jika lolos dari fase pertama. Salah satu di antarnya adalah tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito.

Shesar akan memulai perjalanan dengan melawan tunggal Malaysia Ng Tze Yong. Jika menang maka kemungkinan besar dia harus langsung berhadapan dengan unggulan pertama dan nomor satu dunia Viktor Axelsen.

Nasib yang hampir sama kemungkinan besar akan dijumpai oleh Gregoria Mariska Tunjung. Ia punya kans bersua unggulan kedelapan Thailand Ratchanok Intanon jika sanggup mengatasi Line Hojmark Kjaersfeldt di babak pertama.

Tunggal Putra 

Shesar Hiren Rhustavito

Anthony Sinisuka Ginting (3)

Chico Aura Dwi Wardoyo

Jonatan Christie (2)

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung  

Ganda Putra 

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1)

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja