Bagikan:

JAKARTA – Pecatur cantik Andrea Botez rupanya tidak hanya pandai mengatur strategi di atas papan catur, tetapi ia juga sangat multitalenta. Berikut ini profil pecatur terseksi di dunia itu.

Sosok yang memiliki nama lengkap Andrea Cecilia Cristina Botez itu merupakan pecatur berdarah Amerika-Kanada yang lahir pada 20 April 2002 lalu. Dia merupakan adik dari pecatur Alexandra Valeria Botez.

Andrea Botez punya paras yang menawan seperti kakaknya sehingga tidak mengherankan jika ia memiliki banyak penggemar, terutama di media sosial Instagram.

Di platform itum ia memiliki 516 ribu pengikut, bersaing ketat dengan sang kakak yang memiliki 600 ribu lebih pengukut.

Perjalanan Karier Andrea Botez

Botez mulai bermain catur pada usia enam tahun, mengikuti jejak kakaknya, Alexandra yang juga seorang pemain catur yang handal. Baru-baru ini, ia bertanding melawan Grandmaster Wanita Dina Belenkaya di Kejuaraan Mogul Chessboxing.

Andrea belajar catur dari ayah dan saudara perempuannya saat berusia enam tahun. Ia mulai bermain di turnamen USChess pada usia tujuh tahun.

Botez memenangkan Kejuaraan Catur Remaja Putri Kanada U8 pada tahun 2010 dan Juara Catur Putri British Columbia 2015. Andrea juga memenangkan kategori Putri U14 di Susan Polgar National Open pada tahun 2015.

Botez mencapai peringkat klasik FIDE tertinggi 1773 pada tahun 2018 dan peringkat USChess tertinggi 1933 pada tahun 2019. Peringkat kilatnya Chess.com mencapai puncaknya pada 2065 pada Mei 2020. Sementara itu, peringkat bullet-nya berada di 2164 pada November 2020.

Pecatur asal Kanada, Andrea Botez. (Foto: Instagram/@itsandreabotez)
Pecatur asal Kanada, Andrea Botez. (Foto: Instagram/@itsandreabotez)

Pada tahun 2015, saat berusia tiga belas tahun, ia menjadi Juara Catur Wanita British Columbia. Sejak saat itu ia pun menjadi terkenal di Twitch lewat akun miliknya yang bernama BotezLive.

Di platform tersebut sudah lebih dari satu juta pengikut berlangganan kontennya. Video-video yang diunggah di sana pun laris manis dan tercatat telah ditonton sebanyak 19 juta kali.

Selain menggeluti catur, Botez juga begitu suka dengan dunia fashion. Itu terlihat dari keseringannya menghibur para penggemar dengan foto-foto unggahan yang memperlihatkan dia mengenakan pakaian cosplay.

Salah satu dari sekian banyak fotonya menunjukkan dirinya berdandan seperti tokoh Valorant dalam video game, Reyna, sambil memegang pistol.

Selain itu, Botez juga tertarik mendalami dunia disjoki atau DJ. Ini diketahui dalam sebuah unggahan di Instagram pada bulan Januari lalu. "Saya menjadi DJ bersama Justin Kan & kami membuat acara kami sendiri = malam terbaik yang pernah ada," tulis di keterangan.

Ia juga dalam beberapa bulan terakhir menggabungkan cinta pertamanya dengan catur dengan hobi baru, yakni tinju. Ia bahkan ikut serta dalam Kejuaraan Tinju Catur Ludwig dan bertanding melawan Belenkaya.

Profil Singkat Andrea Botez

Nama Lengkap: Andrea Cecilia Cristina Botez

Tempat Tanggal Lahir: Vancouver, Kanada, 6 April 2002

Usia: 20 Tahun

Kewarganegaraa: Kanada-Amerika

Cabang Olahraga: Catur