Ramadhan Cup PB Percasi 2024: 350 Peserta Bersaing
Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto saat membuka gelaran Ramadhan Cup PB Percasi 2024 (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 350 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia memeriahkan kejuaraan catur Ramadhan Cup PB Percasi 2024 yang digelar di Gedung Kemenpora, Jakarta, pada Sabtu kemarin. Turnamen yang telah menjadi ajang bergengsi selama 21 tahun terakhir ini tidak hanya memberikan peluang bagi pecatur muda untuk unjuk kebolehan, tetapi juga menjadi momen silaturahmi yang berarti bagi komunitas catur.

"Turnamen ini lebih dari sekadar kompetisi catur, tetapi juga tentang menjaga tali persaudaraan di antara para pecatur. Inilah mengapa kami menggelar Ramadhan Cup dan Christmas Cup setiap tahun," ungkap Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto, kepada para wartawan.

Ramadhan Cup PB Percasi 2024, yang diadakan dalam format catur cepat, mempertandingkan empat kategori, yaitu Open, Non Master, serta kategori kelompok umur U-12 dan U-16. Selain memperebutkan total hadiah sebesar 70 juta Rupiah, para pemenang dalam turnamen ini juga berpeluang untuk mendapatkan tiket menuju kompetisi internasional.

Utut Adianto menegaskan bahwa antusiasme para peserta dalam Ramadhan Cup PB Percasi tidak pernah menurun dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, ia mengakui bahwa tantangan yang dihadapi oleh para pecatur muda ketika memasuki dunia kerja bisa membuat minat mereka terhadap catur sedikit berkurang.

"Tetapi kami di PB Percasi berkomitmen untuk memberikan wadah bagi para pecatur agar tetap terlibat dalam olahraga catur dengan menyelenggarakan turnamen tahunan, seperti Ramadhan Cup, Christmas Cup, dan Japfa Cup," jelasnya.

Meskipun jumlah peserta dalam Ramadhan Cup 2024 mengalami sedikit penurunan dibandingkan dengan edisi sebelumnya, yang diikuti oleh 397 pecatur dari 21 provinsi, tetapi semangat kompetisi dan semaraknya ajang ini tetap tidak tergoyahkan