Promotor Eddie Hearn Soroti Rencana WBC Berikan Ranking Buat Jake Paul: Itulah Dunia yang Kita Tinggali
Promotor Eddie Hearn. (Foto: Twitter/@EddieHearn)

Bagikan:

JAKARTA – Promotor ternama Eddie Hearn memberikan respon atas rencana Dewan Tinju Dunia (WBC) yang ingin memberikan peringkat kepada Jake Paul jika berhasil mengalahkan Tommy Fury.

Rencana pemberian ranking itu sebelumnya disampaikan Presiden WBC Mauricio Sulaiman pekan lalu. Ia mengonfirmasi Jake Paul akan mendapatkan peringkat dunia di divisi kelas penjelajah andai bisa mengalahkan Tommy.

Keputusan itu jelas menjadi berita utama dan Hearn tidak sepenuhnya setuju. Namun, ia memahami mengapa badan tersebut mau mengambil langkah yang kontroversial itu.

"Apakah itu benar? Tidak juga, karena ada banyak petarung yang lebih pantas berada di ranking 15 besar daripada Jake Paul. Namun, inilah dunia yang kita tinggali," ujar Hearn sebagaimana dilansir dari Boxing Scene, Senin, 20 Februari 2023.

Jake Paul rencananya akan naik ring pada tanggal 26 Februari mendatang melawan Tommy (8-0, 4 KO). Bintang Youtube itu akan bersua lawannya yang belum terkalahkan tersebut di Arab Saudi.

Paul, yang tidak terkalahkan dalam enam pertarungan (4 kemenangan KO), sebenarnya belum pernah menghadapi petinju profesional di atas ring. Mayoritas kemenangannya pun diraih saat melawan petarung veteran seni bela diri campuran.

Sementara itu, Fury yang merupakan adik juara kelas berat WBC Tyson Fury adalah prospek terhitung cukup menjanjikan. Meski demikian, ia juga belum pernah menghadapi ujian yang sesungguhnya di atas ring.

"Terkadang badan-badan pengatur juga harus hidup dalam dunia komersial. Tommy Fury adalah petarung yang layak dan Jake Paul akan membuat pernyataan jika ia memenangkan pertarungan itu. Bukan pernyataan bahwa ia dapat menantang gelar juara dunia, tetapi pada akhirnya, ada sedikit publisitas di sana," kata Hearn.

Meski tidak menyepakati apa yang mau dilakukan oleh WBC, Hearn tetap terbuka memberikan prediksi pertarungan antara Jake Paul dan Tommy Fury. Menurutnya, pertarungan ini cukup seimbang, tetapi ia condong mengunggulkan Jake.

"Secara mental, ia [Jake Paul] akan mematahkan Tommy Fury. Saya rasa ia akan mengacaukan mental Tommy. Saya berpikir pada saat mereka masuk ke dalam ring, Tommy sudah kalah bahkan sebelum pertarungan berlangsung. Paul akan menang menang KO," kata Hearn.