Duel 36 Tahun Silam antara Evander Holyfield Vs Muhammad Qawi Punya Kesan Tersendiri untuk Oleksandr Usyk
Petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk. (Foto: Instagram/@usykaa)

Bagikan:

JAKARTA – Duel perebutan gelar kelas penjelajah sepanjang 15 ronde antara Evander Holyfield dan Dwight Muhammad Qawi pada tahun 1986 adalah pertarungan favorit jagoan Ukraina, Oleksandr Usyk.

Usyk membuat pengakuan terkait duel favorit itu dalam sebuah wawancara terbaru yang diunggah di akun YouTube pribadinya. Ia bahkan mengaku telah menonton duel itu lebih dari 10 kali.

"Saya menonton ulang pertandingan kejuaraan pertama antara Evander Holyfield dan Dwight Qawi lebih dari 10 kali," kata Usyk sebagaimana dilansir dari Boxing Scene, Senin, 20 Februari 2023.

Duel Holyfield melawan Qawi diakui oleh majalah Ring sebagai salah satu pertarungan 15 ronde terbaik dalam sejarah dunia tinju. Pertarungan itu sendiri akhirnya dimenangi Holyfield melalui keputusan terbelah (split decision).

Kedua petarung itu kemudian bertemu kembali setahun kemudian. Namun, Holyfield mengakhiri pertandingan dengan lebih meyakinkan, yakni menghentikan Qawi di ronde keempat.

"Itu adalah perebutan gelar pertama Holyfield, sang pemegang 15 gelar. Benar-benar menakjubkan! Saya akan menyebut pertarungan ini sebagai pertarungan favorit saya," kata Usyk yang saat ini memegang sabuk kelas berat WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO.

Usyk, yang saat ini 36 tahun, mengalahkan Anthony Joshua dengan keputusan mutlak pada tahun 2021 di Tottenham Hotspur Stadium, London, untuk memenangkan gelar kelas berat IBF, WBA, dan WBO milik Joshua.

Ia kemudian kembali menang melawan petarung Inggris itu pada pertandingan ulang (rematch) mereka yamg berlangsung pada bulan Agustus tahun berikutnya di Arab Saudi. Saat itu, Usyk kembali menang angka dalam pertarungan yang dianggap lebih kompetitif itu.

Usyk mengatakan bahwa dua kali kesempatan duelnya dengan Joshua juga termasuk dalam pertarungan favoritnya. Sama seperti Holyfield vs Qawi, ia juga telah menonton video melawan Joshua berulang kali.

"Ada banyak pertarungan yang sangat saya kagumi. Saya telah menonton ulang beberapa di antaranya belasan kali. Saya telah menonton ulang pertarungan saya dengan Anthony Joshua tujuh, delapan kali; yang kedua, lima kali," kata dia.

Saat ini Usyk sedang dalam negosiasi untuk menghadapi pemegang gelar WBC, Tyson Fury. Keduanya naik ring untuk memperebutkan gelar juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan.

Pertarungan mereka awalnya diperkirakan akan berlangsung di Timur Tengah. Namun promotor mereka telah mengindikasikan, pertarungan ini kemungkinan besar berlangsung di Inggris.