Sinar Jayson Tatum Menyemarakkan NBA All Star 2023, Ciptakan Rekor Poin Terbanyak dengan Tembakan 3 Poin Bertubi-tubi
Pemain Boston Celtics, Jayson Tatum, tampil gemilang di NBA All Star 2023. (Foto: Twitter/@NBA)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Giannis Antetokounmpo berhasil memenangi pertarungan melaan Tim LeBron James pada ajang NBA All Star 2023 di Vivint Arena Salt Lake City Utah, Senin, 20 Februari, WIB. Tim Giannis menang dengan skor 184-175 atas lawannya.

Jayson Tatum menjadi bintang paling bersinar dalam pertandingan ini. Pemain Boston Celtics itu memecahkan rekor pencetak poin terbanyak pada pertandingan NBA All Star!

Tatum mencetak 55 poin dalam satu pertandingan NBA All Star yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah. Bahkan Tatum mencetak 27 poin sendiri di kuarter ketiga dengan tembakan tiga angka bertubi-tubi.

Dari total 55 poin yang dicetak oleh Tatum, 30 poinnya adalah tembakan tiga angka. Jayson Tatum menceploskan 10 kali tembakan tiga angka dari 18 kali percobaan yang dia lakukan.

Berdasarkan statistik yang dikutip Antara dari laman resmi NBA, Tatum menjadi pemain yang paling banyak melakukan percobaan tembakan tiga angka, sekaligus paling banyak yang berhasil dikonversinya menjadi poin.

Wajar jika dia akhirnya terpilih sebagai Most Valuable Player NBA All Star 2023.

Selain Tatum, bintang tembakan tiga angka lainnya adalah Donovan Mitchell yang juga berada di Tim Giannis. Mitchell berhasil mencetak poin dari 8 tembakan tiga angka dari total 17 upaya yang dia lakukan.

Pertandingan jeda musim NBA tersebut dimulai dengan santai di babak pertama dengan tontonan beragam variasi dunk dari para bintang. Giannis Antetokounmpo yang merupakan kapten dari seleksi tim NBA All Star Wilayah Timur hanya bermain di 20 detik pertandingan awal untuk membuka gim lantaran mengalami cedera pada pergelangan tangan kanan. Giannis hanya mencetak 2 poin lalu keluar lapangan.

Sementara kapten tim seleksi NBA All Star Wilayah Barat LeBron James mempertontonkan variasi dunk yang memanjakan mata penggemar. Sepanjang kuarter pertama adalah tontonan dunk ala bola basket jalanan yang dipertunjukkan oleh kedua tim. Hingga pada paruh pertama gim Tim Giannis unggul 99-92 atas Tim LeBron.

Mulai kuarter ketiga, pertunjukkan berubah yang tadinya tontonan dunk menjadi pertandingan adu tembakan tiga angka. Di sinilah Jayson Tatum bersinar bersama dengan Donovan Mitchell yang sukses melesakkan bola dari luar garis lengkung. Bahkan, Damian Lillard dari Tim Giannis juga mencetak poin dari tengah lapangan.

Perlawanan tembakan tiga angka itu dibalas oleh Tim LeBron yang diwakilkan oleh Joel Embiid dan Kyrie Irving yang bersama-sama mencetak 15 poin lewat lemparan jarak jauh. Jayson Tatum menutup kuarter ketiga dengan tembakan tiga poin dan Tim Giannis unggul 158-141 atas Tim LeBron.

Format pertandingan pada kuarter keempat bukanlah bermain selama 12 menit, melainkan kedua tim harus berlomba-lomba mencetak 182 poin lebih dulu tanpa batas waktu pertandingan. Peraturan pembatasan waktu hanya untuk penguasaan bola selama 24 detik bagi setiap tim usai merebut bola dari lawan.

Jayson Tatum masih mempertontonkan pertandingan yang menarik dengan variasi tembakan tiga angka, dunk, dan layup berkelas All Star. Hingga akhirnya Damian Lillard menutup pertandingan dengan tembakan tiga poin yang mengunci skor menjadi 184-175.

Dari Tim Giannis Jayson Tatum mencetak 55 poin dan 10 rebound, Donovan Mitchell 40 poin dan 10 assist, dan Damian Lillard 26 poin.

Sementara dari Tim LeBron, Jaylen Brown yang juga merupakan rekan Tatum di Boston Celtics mencetak 35 poin dan 14 rebound, Kyrie Irving 32 poin dan 15 assist, dan Joel Embiid 32 poin.