Bagikan:

JAKARTA - China berhasil merebut gelar juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2023. Hasil itu diamankan setelah menang 3-2 atas Korea Selatan di partai final. 

Dalam laga yang berlangsung di Dubai Exhibition Centre, Arab Saudi pada Minggu, 19 Februari malam, China langsung tancap gas untuk menunjukan dominasinya dengan unggul di tiga sektor.

Kemenangan China dibuka saat wakilnya di sektor tunggal putra menang dalam tempo 45 menit. Lei Lan Xi yang turun di nomor ini menang dua gim langsung atas Lew Yun Gyu dengan skor 21-16 dan 21-15.

Langkah apik tunggal putra yang membuka kemenangan juga diikuti sektor tunggal putri yang mengubah kedudukan jadi 2-0. Diwakili Gao Fang Jie, China unggul 21-15 dan 21 15 atas Kim Ga Eun yang jadi wakil Korsel.

Selanjutnya dominasi China masih terjaga ketika pasangan ganda putra mereka tampil. Melewati perjuangan 75 menit, He Ji Ting/Zhou Hao Dong sukses menang 21-19, 16-31 dan 17-21 atas Kin Won Ho/Na Sung Seung. 

Sayangnya aaat tunggal putri China dapat kesempatan tampil keempat, performanya malah menurun. Liu Sheng Shu/Tan Ning justru kalah saat melawan Jeong Na Eun/Lee Soo Hee, mereka tumbang 11-21 dan 10-21 setelah berjuang 54 menit.

Kendati pada penampilan keempat wakil China kalah, tapi secara keseluruhan negara ini sudah bisa mengamankan kemenangan tanpa harus menunggu hasil pertandingan kelima. 

Sebab tiga kemenangan China atas Korea Selatan di partai awal sudah pasti membuat mereka keluar sebagai juara di  Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2023.