Tyson Fury: Postur Bakal Jadi Penentu Kemenangan Atas Oleksandr Usyk
Tyson Fury (kiri) yakin keunggulan postur tubuhnya akan menjadi penentu kemenangan atas Oleksandr Usyk (kanan). (Sky Sports)

Bagikan:

JAKARTA – Hanya tersisa sekitar sebulan dari hari H pertarungan melawan Oleksandr Usyk, Tyson Fury angkat bicara soal peluangnya. Duel Usyk vs Fury yang merupakan perebutan gelar juara kelas berat sejati akan digelar di Riyadh, Arab Saudi pada 18 Mei 2024.

Fury (35) menegaskan bahwa perbedaan postur tubuhnya dengan Usyk (37) akan menjadi faktor penentu. Postur tubuh Fury yang 206 cm memang jauh lebih menjulang dibandingkan Usyk yang 191. Dia atas kertas, keunggulan fisik tersebut sudah pasti sangat menguntungkan Fury.

“Usyk tak mampu berbuat banyak menghadapi Derek Chisora yang lebih tua. Menurut saya laga itu imbang. Namun seandainya Derek dua atau tiga tahun lebih muda, pasti hasilnya akan berbeda. Faktor postur akan menjadi penentu dalam pertarungan nanti,” kata Fury seperti dikutip Fightnews.

Fury juga tak menganggap soal kehadiran mantan juara dunia kelas berat sejati asal Ukraina, Wladimir Klitschko di kubu Usyk. Klitschko yang menjadi adviser bagi Usyk sebagai sesama petinju Ukraina, pernah dikalahkan Fury pada 2015.

“Bagaimana mungkin kawan lama saya, Wlad akan memberikan arahan dan nasihat untuk Usyk? Dia sendiri kalah waktu kami bertanding. Nasihat-nasihat Wlad tidak akan banyak berguna bagi Usyk,” kata Fury lagi.

Pertarungan Olekasandr Usyk vs Tyson Fury akan menjadi duel perebutan gelar juara dunia kelas berat sejati pertama sejak 1999. Ketika itu Lennox Lewis menang angka atas Evander Holyfield, dalam duel di Las Vegas pada 13 November 1999.