Klasemen Sementara Proliga 2023: Enam Tim Sudah Memastikan Diri Lolos ke <i>Final Four</i>
Jakarta LavAni memastikan tiket ke final four Proliga 2023. (Foto: Proliga)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi bola voli nasional, Proliga 2023, telah menyelesaikan pekan kedua putaran kedua pada Minggu, 12 Februari. Sudah enam tim yang sudah memastikan lolos ke final four.

Rinciannya, tiga tim dari sektor putra dan tiga tim lagi dari sektor putri.

Di sektor putra, tim yang sudah memastikan lolos adalah Jakarta LavAni Allo Bank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN. 

LavAni saat ini kokoh di puncak klasemen sementara Proliga 2023 usai pekan kedua putaran II yang bergulir di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur, 9-12 Februari 2023.

Secara keseluruhan, LavAni memimpin dengan koleksi 32 poin, hasil dari 11 kemenangan dari 12 laga. Dari jumlah tersebut lima kemenangan di antaranya diraih pada putaran kedua.

LavAni unggul empat poin dari Jakarta Bhayangkara Presisi yang menempati peringkat kedua dengan 28 poin, hasil dari 10 kemenangan dan satu kali kalah. Pada putaran kedua, Bhayangkara belum terkalahkan sepanjang empat laga.

Sementara itu, Jakarta STIN BIN membayangi di posisi ketiga dengan 27 poin, berkat sembilan kemenangan dari total 11 pertandingan.

Surabaya BIN Samator dan Jakarta BNI 46 yang masing-masing berada di posisi keempat dengan 19 poin dan kelima dengan 17 poin berpeluang meraih satu tempat dengan syarat meraih hasil maksimal pada pekan ketiga putaran II di GOR UNY Yogyakarta pada 16-19 Februari.

Di sektor putri, Jakarta Pertamina Fastron menjadi tim paling dominan dan berada di puncak klasemen mengoleksi 21 poin, berkat tujuh kemenangan dari delapan pertandingan.

Megawati Hangestri dan kawan-kawan unggul tiga poin atas juara bertahan Bandung bjb Tandamata di posisi kedua dengan 18 poin, hasil dari enam pertandingan dan tiga kali kalah.

Jakarta BIN di bawahnya dengan 16 poin, hasil dari lima kemenangan dan empat kali kalah. Ketiga tim teratas tersebut dipastikan tampil di final four.

Sedangkan satu tempat tersisa diperebutkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia yang berada di urutan keempat dengan 10 poin dan Jakarta Popsivo Polwan di tempat kelima dengan empat poin.

Jakarta Elektrik PLN yang berada di dasar klasemen dengan enam poin (satu kemenangan dan tujuh kali kalah) juga masih memiliki peluang untuk lolos ke final four dengan syarat memenangi dua pertandingan tersisa pada pekan ketiga putaran II di Yogyakarta.

Namun hal tersebut diprediksi sulit diwujudkan karena juga ditentukan oleh hasil Gresik Petrokimia dan Popsivo Polwan yang sama-sama bertekad lolos ke babak empat besar.

Seperti diketahui, final four akan digelar pada 23 Februari - 12 Maret yang digelar di tiga lokasi yakni, GOR Tri Dharma Gresik, GOR Jatidiri Semarang, dan GOR Sritex Arena Solo.

Berikut klasemen sementara Proliga 2023 hingga putaran kedua seri Malang: (menang-kalah)

Klasemen sementara keseluruhan putra

1. Jakarta LavAni Allo Bank: 32 poin (11-1)

2. Jakarta Bhayangkara Presisi: 28 poin (10-1)

3. Jakarta STIN BIN: 27 poin (9-3)

4. Surabaya BIN Samator: 19 poin (6-6)

5. Jakarta BNI 46: 17 poin (5-7)

6. Jakarta Pertamina Pertamax: 9 poin (3-8)

7. Palembang Bank SumselBabel: 6 poin (2-10)

8. Kudus Sukun Badak: 3 poin (1-11)

Klasemen sementara keseluruhan putri

1. Jakarta Pertamina Fastron: 21 poin (7-1)

2. Bandung bjb Tandamata: 18 poin (6-3)

3. Jakarta BIN: 16 poin (5-4)

4. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia: 10 poin (4-4)

5. Jakarta Popsivo Polwan: 4 poin (2-6)

6. Jakarta Elektrik PLN: 6 poin (1-7)