Menghitung Hari Menuju <i>Deadline</i> Penjualan Manchester United
Manchester United dalam status dijual. (Foto: Twitter/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United hampir memasuki fase baru dalam rencana penjualan klub. Saat ini, beberapa pihak yang berkepentingan, berdesak-desakan untuk membeli klub tersebut.

Raine Group yang ditunjuk untuk mengawasi penjualan, telah menetapkan batas waktu hingga 17 Februari untuk pengajuan penawaran.

The Glazers mencari sekitar 6 miliar poundsterling (setara Rp110 triliun) tetapi penawaran awal bisa bernilai sekitar 4 miliar poundsterling.

Keluarga Glazer yang saat ini berstatus pemilik, mungkin harus menerima harga yang lebih rendah. Ini tak lepas dari biaya pembangunan kembali Old Trafford yang diperkirakan beberapa orang bisa mencapai 2 miliar poundsterling.

Beberapa pihak telah mengumumkan minat mereka dan keluarga Glazer dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan kelompok-kelompok tertentu.

Salah satunya adalah pengusaha kaya yang juga seorang penggemar klub, Jim Ratcliffe. Dia menjadi calon pembeli pertama yang sudah secara resmi menyatakan ketertarikannya.

Ratcliffe menyampaikan keinginannya membeli MU pada musim panas lalu. Seorang juru bicara berkata, "Jika klub itu dijual, Jim jelas merupakan calon pembeli."

Ratcliffe memiliki investasi di beberapa olahraga, termasuk sepak bola. Dia dilaporkan sebagai pemilik klub Ligue 1 Nice, serta tim balap sepeda pro Ineos Grenadiers.

Calon pembeli kedua adalah investor dari Qatar. Bahkan kabarnya, Keluarga Glazer dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan sekelompok investor asal Qatar mengenai potensi pengambilalihan.

Belakangan jadi perhatian, apakan investor ini berafiliasi dengan QSI, pemilik klub Ligue 1, Paris Saint-Germain. Pasalnya, itu akan menimbulkan masalah.

Laporan baru yang beredar, investor ini bersifat individual dan lepas dari QSI. Meski demikian, calon pembeli ini diyakini sangat kaya dan akan berinvestasi di Old Trafford dan skuad bermain.

Mereka diduga ingin membeli klub tersebut dengan harga sekitar 4,1- 4,5 miliar poundsterling, dengan tambahan 2 miliar poundsterling untuk dihabiskan untuk pembangunan kembali stadion.

Selain itu, ada juga investor dari Arab Saudi. Salah satu pemilik saham MU, Avram Glazer, dilaporkan mengadakan pembicaraan dengan grup dari Arab Saudi di Doha selama Piala Dunia.

Dia menggambarkan negosiasi sebagai "proses" dan sejauh ini sebuah kelompok dari negara tersebut belum secara terbuka menyatakan ketertarikannya.

Belakangan juga muncul nama David Beckham, mantan pemain MU yang kini berstatus pemilik Inter Miami. Dia dikabarkan bakal membentuk konsorium untuk membeli klub dan pengetahuannya tentang klub bisa berguna dalam negosiasi pengambilalihan.

Becks diyakini memiliki kontak yang mampu membayar harga yang diminta, yakni 6 miliar poundsterling.

Mantan rekan setimnya Rio Ferdiannd mengharapkan Beckham untuk melakukan pendekatan tetapi belum ada tawaran dari superstar tersebut.