Berapa Harga Manchester United Jika Dijual?
Manchester United dalam status dijual. (Foto: Twitter/@ManUTD)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilik Manchester United, keluarga Glazer, telah menjual klub tersebut. Kira-kira berapa harga manchester united jika dijual ya?

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, hanya beberapa jam setelah United memutuskan kontrak Cristiano Ronaldo setelah wawancara tanpa izinnya dengan Piers Morgan, di mana dia menghancurkan tim, dewan klub sepak bola mengatakan bahwa "memulai proses untuk mencari alternatif strategis."

"Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan Perusahaan," kata dewan tersebut.

Grup Raine, yang mengawasi penjualan Chelsea FC awal tahun ini, bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif United, dengan Rothschild and Co. bekerja atas nama keluarga Glazer.

Dalam sebuah pernyataan, co-chairman Avram dan Joel Glazer mengatakan: "Kami akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan bahwa kami memberikan pelayanan terbaik kepada para penggemar kami dan bahwa Manchester United memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk Klub saat ini dan di masa depan.

"Sepanjang proses ini kami akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan kami."

Keluarga Glazer membeli saham pertama mereka di Manchester United pada Maret 2003, dan terus meningkatkan saham mereka sebelum menyelesaikan pengambilalihan penuh pada Juni 2005.

Sejak awal, kepemilikan mereka telah menjadi sasaran protes besar dari para penggemar United, dengan klub tertinggal dari saingannya di Liga Utama Inggris meskipun menghabiskan lebih dari $1,1 miliar USD untuk transfer sejak 2013 saja.

Pendukung United sangat marah dengan fakta bahwa keluarga Glazer, menurut Manchester Evening News, telah membayar dividen $158 juta USD kepada diri mereka sendiri selama dekade terakhir, sementara pada saat yang sama hanya ada sedikit investasi di stadion ikonik United yang masih menua, Old Trafford.

Berapa Harga Manchester United Jika Dijual?

 

Ketika Glazers pertama kali mengambil alih Manchester United, penilaian klub, dengan nilai tukar yang diperhitungkan, adalah sekitar $1,5 miliar USD, menurut The Athletic.

Pada Mei 2022, klub tersebut dihargai $4,6 miliar USD oleh Forbes.

Tetapi pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire mengatakan kepada Sky Sports News pada hari Selasa bahwa "bukan tidak mungkin" penjualan United dapat menghasilkan $6 miliar USD.

"Jika Anda membandingkan ukuran relatif profitabilitas dan pendapatan yang dihasilkan di Manchester United dengan Chelsea, saya pikir angka antara £4 miliar [$4,8 miliar USD] dan £4,5 miliar [$5,4 miliar USD] sudah sesuai, dan jika ada banyak minat, akan menaikkan harga."

Chelsea dijual ke konsorsium yang dipimpin oleh salah satu pemilik LA Dodgers Todd Boehly seharga $5,3 miliar USD pada bulan Mei. Namun, hanya $3 miliar USD dari uang tersebut yang dibayarkan di muka, dengan sisa $2,3 miliar USD dijanjikan sebagai investasi masa depan.

"Manchester United adalah aset yang unik, ini adalah merek global, jadi £5 miliar [$6 miliar USD] bukan tidak mungkin, tetapi itu akan sangat mahal," kata Maguire.

Jadi setelah mengetahui berapa harga Manchester United jika dijual, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!