Klub yang Mendapat Sanksi Karena FFP: Berikut 5 Daftarnya
Klub yang Mendapat Sanksi Karena FFP (Foto: Instagram @mancity)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Barcelona dan Paris Saint-Germain termasuk di antara sepuluh klub yang akan menerima sanksi atas pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP), menurut laporan. Lalu mana saja klub yang mendapat sanksi karena FFP?

UEFA memperkenalkan FFP pada 2010 dengan tujuan mencegah pengeluaran eksponensial oleh tim-tim terbesar Eropa. Mereka juga merancang aturan untuk mencoba dan menghentikan klub beroperasi dengan banyak hutang.

Saat ini, peraturan menyatakan bahwa tim dapat membelanjakan hingga €5 juta (£3,9 juta) di atas pendapatan yang mereka hasilkan dalam siklus evaluasi tiga tahun. Misalnya, jika sebuah klub menghasilkan keuntungan €100 juta dalam tiga musim, mereka dapat membelanjakan hingga €105 juta. Tapi UEFA membuat kelonggaran untuk pengeluaran tambahan di atas angka ini.

Klub bisa mengalami kerugian hingga €45 juta di atas tunjangan pengeluaran mereka, meskipun jumlah pengeluaran berlebihan yang diperbolehkan berkurang dari tahun ke tahun.

Jika sebuah tim melanggar peraturan ini, mereka dapat menerima beberapa hukuman. Yang paling parah adalah larangan dari kompetisi Eropa. Sementara itu, denda, larangan transfer, pengurangan poin, dan pembatasan skuad adalah semua sanksi yang mungkin.

Klub yang Mendapat Sanksi Karena FFP

Juventus

Yang {terkini|terupdate} ada klub raksasa Liga Italia (Seie A), Juventus. Mereka baru saja menerima sanksi pengurangan 15 nilai di klasemen sementara musim 2022-2023.

FIGC memberi sanksi dalam tuduhan penggelembungan poin transfer pemain. Tapi info terkini menyebut jika FIGC berencana menambahkan sanksi tambahan.

Malaga

Jauh sebelum Juventus, ada klub asal Spanyol bernama Malaga CF. Klub ini jadi regu pertama yang kena hukuman berat {dampak|pengaruh|imbas} melanggar FFP.

Mereka kena hukuman tak boleh turut di persaingan Eropa selama semusim, tepatnya di Liga Europa 2013-2014 silam sebab gagal membayar gaji para pemain.

Zenit St. Petersburg

Berikutnya ada klub asal Rusia bernama Zenit St. Petersburg. Pada 2014 silam, klub ini pernah menerima sanksi imbas melanggar FFP.

Ketika itu sebanyak sembilan klub Eropa menandatangani settlement agreements, buah dari pelanggaran kepada FFP.

PSG

Yang keempat ada raksasa Ligue 1 Prancis adalah Paris Saint-Germain (PSG). Klub yang sekarang diperkuat Mbappe, Messi dan Neymar ini terbukti juga pernah menerima sanksi pengaruh melanggar peraturan FFP.

Mereka dianggap menjalankan penggelembungan profit melalui kerja sama bersifat sponsir dengan otoritas pariwisata asal Qatar.

AC Milan

Yang terakhir ada juara Liga Italia (Serie A) musim lalu yaitu AC Milan. Sama seperti Juventus, mereka juga pernah melanggar peraturan FFP.

AC Milan sempat dilarang merumput di persaingan Liga Europa musim 2019-2020 lalu sebab kasus finansial yang mereka derita selama 2015 hingga 2017.

Terlepas dari aturan "ketat", beberapa elit Eropa telah mengalahkan sanksi FFP di masa lalu. Misalnya, PSG menghindari hukuman meski ada investigasi atas pengeluaran besar-besaran mereka di musim 2017 dan 2018.

Selain itu, Man City membatalkan keputusan FFP menyusul banding pada tahun 2020. Berkat banding tersebut, City menghindari larangan dua tahun dari sepak bola Eropa.

Namun, pada tahun 2022, 10 pihak akan dikenakan sanksi atas pelanggaran FFP. Tapi tim mana mereka?

Tidak akan mengejutkan siapa pun untuk melihat bahwa Barcelona dilaporkan akan dikenai sanksi atas pelanggaran FFP dalam tiga tahun terakhir.

Ironisnya, raksasa Catalan menyuarakan keprihatinan mereka atas efektivitas FFP tahun lalu, per Reuters. Mereka mengklaim bahwa itu dimainkan oleh pihak yang menghabiskan banyak uang dan merupakan salah satu alasan mengapa mereka mendukung rencana Liga Super.

Berita tentang pelanggaran ini juga muncul menjelang usulan perubahan pada sistem FFP. Mulai tahun 2023, klub-klub Eropa dapat membelanjakan 90% dari pendapatan mereka untuk gaji, transfer, dan biaya agen. Ini kemudian akan menjadi 80% pada tahun 2024, dan 70% pada tahun 2025.

Meskipun terlihat suram, rencana tersebut juga akan memungkinkan kerugian dua kali lipat dari yang diizinkan saat ini, dari €30 juta menjadi €60 juta.

Selain dari 10 yang terkena sanksi, dua puluh tim lainnya masuk dalam "daftar pantauan" UEFA. Ini berarti bahwa mereka berisiko melanggar beberapa aturan financial fair play. Salah satu tim ini adalah pemimpin Liga Premier saat ini Arsenal.

Arsenal di "daftar pantauan"

Menurut The Times, Arsenal adalah salah satu klub yang mendapat pengawasan dari UEFA. The Gunners telah menghabiskan lebih dari £250 juta dalam dua musim panas terakhir, sehingga mendorong penyelidikan dari UEFA.

Selain itu, Arsenal melaporkan kerugian sebesar £213 juta selama siklus tiga tahun terakhir. Ini adalah berita buruk lainnya sehubungan dengan ancaman sanksi dari badan sepak bola Eropa.

Bahaya melanggar aturan juga bisa menghalangi Arsenal untuk mendatangkan Pedro Neto. Pada hari Senin, The Athletic melaporkan bahwa The Gunners menunjukkan minat pada pemain sayap Wolves tersebut.

Namun, jurnalis Daniel Cutts telah melaporkan bahwa sementara mereka berada dalam daftar pantauan, tidak ada kekhawatiran di dalam klub atas potensi pelanggaran FFP, dan Arsenal dapat terus membelanjakannya.

Jadi setelah mengetahui klub yang mendapat sanksi karena FFP, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!