Update Proses Pencalonan Exco PSSI 2023-2027, Berkas 5 Bakal Calon Ketua Umum Sudah Lengkap
Ketua Komite Pemilihan Pengurus PSSI 2023-2027, Amir Burhanudin. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan (KP) PSSI memberi informasi terbaru soal pencalonan Ketua Umum (Ketum). Dari lima nama yang mendaftar, seluruhnya telah dinyatakan memenuhi kelengkapan berkas.

Hal tersebut disampaikan Ketua KP, Amir Burhanudin di kantor PSSI, Senayan pada Kamis, 19 Januari sore WIB. Amir mengungkapkan, pihaknya telah melewati tahap pengecekan berkas.

"Setelah KP memeriksa kelengkapan dukungan tersebut kami sampaikan bahwa untuk lima bakal calon Ketum PSSI berkas semua lengkap," kata Amir Burhanuddin kepada wartawan.

Sebelumnya diketahui bahwa ada lima nama yang mendaftar menjadi calon Ketum PSSI, di antaranya adalah La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemi Francis.

Setelah melewati masa pendaftaran, berkas para pendaftar melewati tahap pemeriksaan. Andai pada proses ini ada berkas yang belum lengkap, peserta diminta melengkapinya paling lambat pasa Sabtu, 21 Januari 2023 mendatang.

Namun dengan kabar dari Amir yang menyatakan semua berkas calon Ketum lengkap maka proses akan berlanjut ke tahapan verifikasi. Adapun tahapan verifikasi akan dimula pada 22-31 Januari 2023 mendatang.

Sementara untuk bakal calon Wakil Ketua, Amir menyebut ada beberapa nama yang perlu melengkapi berkas dan dinyatakan gugur. Hal itu sesuai dengan hasil pengecekan yang telah dilakukan.

"Untuk bakal calon Waketum, terdapat 15 orang yang lengkap. Satu bakal calon Waketum yang kami beritahukan tentang kekurangan dokumennya. Empat tidak perlu kami konfirmasi tentang kelengkapannya," katanya.

"Karena apa? Karena yang bersangkutan secara tegas sudah menyatakan tidak maju, contohnya seperti Iwan Budianto," tambah Amir.

“Dua lagi tidak ada lembar kesediaannya sehingga tidak perlu kami konfirmasi tentang kelengkapan persyaratannya. Jadi, kami beritahukan tentang kelengkapan berkasnya adalah calon-calon yang terkonfirmasi mendapat dukungan dan yang bersangkutan bersedia untuk menjadi calon," ucapnya.

Untuk bakal calon Wakil Ketua Umum sendiri terdapat beberapa nama yang tak asing di dunia sepak bola Tanah Air mulai dari mantan atlet hingga pejabat seperti Bambang Pamungkas, Ratu Tisha hingga Menpora Zainudin Amali.