Detik Terakhir Bursa Pencalonan Ketum dan Waketum PSSI: Ada Nama CEO Bandung Premier League dan Anggota DPR
Logo PSSI. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Bursa pencalonan pemimpin PSSI semakin ramai. Ada nama lain yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum dan wakil ketua umum di hari terakhir pendaftaran, Senin, 16 Januari.

Pada jelang penutupan pendaftaran, CEO Bandung Premier League (BPL) Doni Setiabudi hadir langsung menyerahkan berkas ke Kantor PSSI di GBK Arena pada Senin, 16 Januari sore WIB.

Dia mendaftarkan diri ke tiga posisi sekaligus yaitu Calon Ketua Umum (Caketum), (Calon Wakil Ketua Umum) Cawaketum, dan Komite Eksekutif (Exco).

"Ya, ini kan hari terakhir pendaftaran. Jadi hari ini saya coba memasukkan data-data, berkas. Saya mendaftar 3 posisi sekaligus, yakni Caketum, Cawaketum, dan Anggota Exco," kata Doni Setiabudi kepada wartawan.

"Data sih sudah lengkap, kami tinggal tunggu hasil verifikasi dari KP (Komite Pemilihan)," katanya menambahkan.

Selain Doni, ada juga nama Andre Rosiade. Anggota DPR ini maju untuk jadi calon Waketum PSSI.

Dia mendapat dukungan dari Semen Padang. Maklum, Andre memang dikenal sebagai penasihat klub asal Sumatera Barat itu.

"Mudah-mudahan kita bisa berkontribusi melakukan pembenahan PSSI. Sesuai komitmen dari awal saat mendaftar sebagai Exco PSSI pada 2019 lalu, kami ingin memberantas mafia yang ada di sepak bola Indonesia," tuturnya.

PSSI sebelumnya telah menentukan tenggat waktu untuk penyerahan berkas bagi calon yang akan mengajukan diri menjadi Ketum, Waketum dan Exco yaitu pada Senin 16 Januari pukul 18.00 WIB.

Sebelum Doni Setiabudi dan Andre Rosiade, beberapa nama juga telah menyerahkan berkas pencalonan mereka secara langsung ke Kantor PSSI. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, dan Ratu Tisha Destria.

Dari pantauan Voi di lokasi, situasi penyerahan berkas pada hari terakhir di kantor PSSI tak terlalu mencolok. Keadaan ini ditengarai karena keputusan PSSI yang juga membuka akses daring bagi calon yang hendak menyerahkan berkas.

Sebelumnya, santer kabar Menpora Zainudin Amali turut mencalonkan diri. Diadikabarkan mengirim berkas lewat jalur daring lantaran hingga tenggat waktu habis, kehadirannya tak terlihat.

"Tunggu saja nanti kan akan diumumkan nama-nama yang akan menjadi ketua umum, wakil ketua umum, exco. Tunggu saja nanti. Dokumen saya kan ada tinggal di-print saja," ucap Amali.

Berikut ini adalah daftar nama yang ikut pencalonan pengurus PSSI 2023-2027 yang menyerahkan berkas langsung ke Kantor PSSI:

La Nyalla Mattalitti (Calon Ketua Umum)

Erick Thohir (Calon Ketua Umum)

Ratu Tisha Destria (Calon Wakil Ketua Umum)

Doni Setiabudi (Calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Anggota Exco)

Andre Rosiade (Wakil Ketua Umum)