Jika Kalah Lagi, Karier Anthony Joshua di Tinju Tamat!
Petinju asal Inggris, Anthony Joshua (kiri) bersama sang promotor, Eddie Hearn. (Foto: Twitter @anthonyjoshua)

Bagikan:

JAKARTA - Promotor tinju ternama Eddie Hearn mengatakan karier petinju kelas berat Inggris Anthony Joshua akan berakhir jika dia kalah dalam pertarungan berikutnya.

Joshua dijadwalkan kembali ke ring tinju untuk laga comeback pada 1 April mendatang di O2 Arena, London. Lawannya sejauh ini belum diumumkan, tetapi petarung kelas berat Australia Demsey McKean disebut sebagai kandidat favorit.

"Anda pergi ke pertarungan itu di bulan April dan Anda tahu jika kalah dalam pertarungan itu. Semuanya sudah berakhir. Sungguh berakhir," kata Hearn seperti dilansir The Sun.

"Hasil itu akan menjadi kekalahan beruntun ketiga. Namun, penampilan hebat dan tayangan kemenangan knock out (KO) membuat semua orang berkata: 'Kami kembali, sayang'," tambah Hearn.

Joshua baru-baru ini menderita kekalahan beruntun dari Oleksandr Usyk pada Agustus kemarin. Hasil yang membuat ia kehilangan gelar WBA Super, IBF, WBO, dan IBO serta sabuk versi The Ring yang lowong seusai Tyson Fury pensiun.

Kekalahan dari Usyk adalah kekalahan ketiga dalam lima pertandingan terakhirnya setelah ia sebelumnya dibuat takluk oleh Andy Ruiz Jr di duel pertama dari dua pertemuan mereka.

Setelah tiga hasil mengecewakan itu, petarung berusia 33 tahun ini pun bersiap untuk duel yang bisa mengembalikan performa terbaik sekaligus kepercayaan dirinya. Ia sekarang memulai persiapan, termasuk mencari pelatih baru.

"Itulah yang membuat saya tidak sabar karena saya suka berada di situasi tertekan. Saya senang. Saya sangat bersemangat. Paling bersemangat yang pernah saya alami dalam perjalanan Joshua sejauh ini," ujar Hearn.

Selain nama McKean, mantan penantang gelar kelas berat WBC Gerald Washington juga berada di daftar calon lawan Joshua. Nama petinju Amerika Serikat itu dikonfirmasi pelatih Deontay Wilder, Malik Scott.

Selain kedua nama itu, pesaing kelas berat Otto Wallin juga siap dan bersedia untuk menghadapi juara dunia dua kali tersebut. Promotor Wallin, Dmitriy Salita, menilai kliennya adalah lawan yang kredibel buat Joshua.