Bagikan:

JAKARTA - Petarung seni bela diri campuran (MMA) asal Indonesia, Jeka Saragih, akan memainkan partai final Road to UFC melawan penantang asal India Anshul Jubi awal bulan depan.

Duel itu digelar di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu, 4 Februari waktu setempat atau Minggu, 5 Februari waktu Indonesia. Duel ini berlangsung pada prelims UFC FIGHT NIGHT: LEWIS VS SPIVAC.

"UFC hari ini mengumumkan final turnamen Road to UFC perdana yang akan disiarkan langsung dari UFC Apex di Las Vegas pada Sabtu, 4 Februari," demikian tulis keterangan resmi promosi seni bela diri campuran itu dalam keterangan.

Road to UFC diadakan untuk mencari prospek petarung seni bela diri campuran dari Asia. Pemenang dari masing-masing kelas nantinya akan disodorkan kontrak pihak UFC.

Total ada 32 atlet yang bersaing pada empat kelas: kelas terbang, kelas bantam, kelas bulu, dan kelas ringan. Jeka dan Jubi nantinya akan berduel di kelas ringan pada kartu awal UFC Vegas 68.

Sementara itu, tiga tiket perebutan kontrak dari UFC akan direbut oleh Seung Guk Choi vs Taman Hyun-Sung (kelas terbang), Toshiomi Kazama vs Rinya Nakamura (kelas bantam), dan Yi Zha vs Jung-Young Lee (kelas bulu).

"Kedelapan finalis ini akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kontrak multi-pertarungan, dan mewakili negara asal mereka di UFC," kata Kevin Chang, Senior Vice President UFC dan Head of Asia.

Jika sukses mengalahkan lawannya asal India maka Jeka akan selevel dengan bintang UFC seperti Conor McGregor dan Islam Makhachev. Selain itu, ia juga akan membuat sejarah menjadi petarung pertama dari Indonesia yang berlaga di UFC.

Sejak babak pertama Jeka tampil begitu menjanjikan. Ia memulai perjalanannya dengan pukulan memutar untuk mengalahkan Pawan Maan pada babak pertama Road to UFC yang diadakan di sela-sela UFC 275 di Singapura pada Juni silam.

Pada babak semifinal yang bergulir setelah gelaran UFC 280 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jeka kembali menunjukkan tajinya. Petarung asal Korea Selatan, Ki Won-bin, dibuat knock out pada ronde pertama.