Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Meneruskan Hegemoni atas Kamboja
Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja pada laga pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Indonesia sukses mengamankan tiga poin pertama fase grup Piala AFF 2022 setelah mengalahkan 2-1 Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat, 23 Desember 2022.

Kemenangan ini tak hanya berbuah tiga poin untuk Indonesia. Skuad Garuda juga meneruskan hegemoni atas Kamboja dengan tak pernah kalah dari sang rival.

Pada laga ini, Indonesia seharusnya sudah unggul saat pertandingan berjalan dua menit melalui gol Egy Maulana Vikri. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena pemain 22 tahun itu sudah terlebih dulu offside.

Egy kemudian mencetak gol sah lima menit berselang. Ia berhasil memaksimalkan umpan Arhan Pratama untuk membobol gawang lawan dengan tendangan voli.

Namun, hanya delapan menit berselang, Kamboja langsung membuat gol balasan. Kriya Sareth mencatat namanya di papan skor usai menaklukkan Nadeo Argawinata dengan sundulan memanfaatkan sepak pojok.

Sepuluh menit sebelum turun minum, skuat Garuda berbalik unggul. Kini giliran Witan Sulaeman yang menggetarkan jala lawannya berkat umpan terukur yang dikirim oleh Marselino Ferdinan.

Meski mendominasi paruh kedua laga, Indonesia tidak sanggup menambah skor. Meski demikian, hasil ini sudah bisa menjadi modal bagus buat Indonesia yang sedang mengupayakan gelar perdana pada Piala AFF tahun ini.

Setelah melawan Kamboja, Indonesia akan menjalani laga tandang melawan Brunei Darussalam di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 26 Desember.

Setelah itu, anak asuh Shin Tae-yong bakal menjalai satu laga kandang melawan Thailand dan laga tandang kontra Filipina.

Pasukan Garuda belum satu kali pun mencicipi gelar juara dari 13 edisi Piala AFF yang sudah digelar. Timnas Indonesia sejauh ini hanya menempati posisi runner up sebanyak enam kali, termasuk terbaru pada tahun 2020 lalu.

Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Marc Klok; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Witan Sulaeman.

Kamboja (5-2-3): Keo Soksela; Choun Chanchav, Tes Sambath, Soeuy Visal, Saret Krya, Seut Baraing; In Sodavid, Orn Chanpolin; Lim Pisoth, Sieng Chanthea, Reung Bunheing.