Bagikan:

JAKARTA — Luis de la Fuente resmi ditunjuk menjadi pelatih timnas Spanyol menyusul pemecatan pelatih sebelumnya Luis Enrique.

Fuente yang sebelumnya melatih timnas Spanyol U-21 diumumkan sebagai pelatih baru La Furia Roja hanya beberapa jam setelah pemecatan terhadap Enrique dilakukan.

"Luis de La Fuente ditunjuk menjadi pelatih baru timnas Spanyol," demikian bunyi laporan Reuters yang dikutip Kamis, 8 Desember 2022.

De la Fuente direkomendasikan untuk peran tersebut, tetapi pengangkatannya harus disetujui oleh dewan, yang baru akan bertemu pada hari Senin pekan besok.

Direktur Olahraga José Francisco Molina sendiri telah meneruskan laporan kepada Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales.

"Dia merekomendasikan pilihan pelatih La Rioja, yang sebelumnya merupakan pelatih U-21, untuk memimpin tahapan baru yang dimulai setelah Piala Dunia di Qatar," demikian tulis pernyataan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

De la Fuente telah menjadi bagian dari tim Spanyol sejak 2013. Ia melatih tim kelompok umur dan sukses memimpin Spanyol meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, Luis De La Fuente juga pernah meraih kesuksesan membawa Spanyol U-19 juara Piala Eropa U-19 pada tahun 2015 silam.

Tiga tahun berselang, pelatih berusia 61 tahun itu membantu Spanyol U-18 meraih medali emas di Mediterranean Games. Lalu pada 2019 ia berhasil membawa timnya juara Piala Eropa U-21.