Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada keraguan dalam benak siapa pun bahwa pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo memiliki kepribadian yang luar biasa. Fenomena CR7 adalah sensasi di seluruh dunia.

Pada usia 37 tahun, bintang Portugal ini terus menjadi perhatian media, menarik jutaan penggemar, membintangi halaman depan dan menghasilkan kampanye iklan mulai dari mode, klinik estetika medis, gimnasium, parfum... hingga mata uang kripto.

Cristiano Ronaldo adalah ikon global yang memikat massa dengan gayanya.

Citranya melampaui lapangan sepak bola dan namanya telah menjadi merek nyata yang menghasilkan uang dalam jumlah besar setiap tahun.

Menurut spesialis pemasaran Jean-Philippe Danglade: "Ronaldo adalah penggerak besar di pasar keuangan.

"Cristiano Ronaldo adalah produk nyata, layanan, dan perusahaan digital," tambah Danglade.

“Dia juga punya museum dengan patungnya di atasnya. Sangat jarang.

"Bandara Madeira dinamai dengan namanya, dalam hal persepsi kolektif, itu sangat mengesankan."

Pemain Portugal menghasilkan sekitar 200 juta euro setahun, antara gaji, hak citra, sponsor, dan berbagai bisnisnya.

CR7 sebagai merek

Selama bertahun-tahun, Ronaldo telah memantapkan dirinya baik sebagai pesepak bola maupun sebagai merek.

Sikap dan kepercayaan dirinya yang luar biasa adalah ciri-ciri striker asal Funchal yang telah membantunya untuk dibenci dan dicintai dalam ukuran yang sama.

Banyak orang mungkin menyebutnya sombong, tetapi tidak diragukan lagi, karakternya itulah yang membuatnya unik.

Di antara banyak investasi Ronaldo adalah:

  • Hotel dengan nama 'Pestana CR7 Lifesyle'.
  • Gym dengan nama 'CR7 Crunch Fitness'.
  • Parfum 'Cristiano Ronaldo Fragrances', sesuai dengan Eden Perfums
  • Pakaian dalam untuk pria dan anak laki-laki 'Cr7 Underwear' bermitra dengan JBS Textile

Selain juga menjadi citra dari banyak sponsor lain seperti Nike, Herbalife dan PokerStars.