Rinov/Pitha Fokus Tingkatkan Power, Kecepatan dan Mental Jelang Tempur di BWF World Tour Finals
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terus menggenjot latihan dengan fokus meningkatkan kekuatan dan daya tahan menjelang penampilan perdana mereka dalam BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember.

“Persiapan saya selama ini cukup baik. Power, kecepatan, mental, dan daya tahan di lapangan menjadi fokus saya dalam latihan," ungkap Rinov dikutip dari Antara, Minggu.

"Alhamdulillah persiapannya sudah cukup, tinggal beberapa persen saja sisanya. Kalau saya coba menambah power, fokus, dan bagaimana terus tampil konsisten," ujar Pitha menimpali.

Kekuatan dan daya tahan menjadi faktor penting yang harus ditingkatkan bagi Rinov/Pitha karena dua aspek tersebut kerap menjadi penyebab kekalahan ganda campuran Indonesia ketika berhadapan dengan pasangan top dunia.

Rinov/Pitha lolos ke BWF World Tour Finals 2022 berkat penampilan mereka sepanjang tahun ini. Pasangan peringkat ke-13 dunia itu tidak pernah meraih gelar juara pada musim ini dan hanya mampu menjadi runner-up Malaysia Masters (Super 500).

Sementara pada beberapa turnamen level tinggi, Rinov/Pitha selalu terhenti pada babak pertama atau babak kedua setelah kalah dari lawan yang memiliki peringkat di atas mereka.

Rinov/Pitha, yang berada di posisi keenam World Tour, akan kembali berhadapan dengan pasangan top dunia pada ajang turnamen penutup musim di Bangkok nanti, antara lain pasangan peringkat tiga dunia Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), juara bertahan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand), dan peraih emas Olimpiade Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China).

Meski diakuinya persaingan nanti akan sulit, Rinov/Pitha bersyukur bisa mendapat kesempatan tampil dalam turnamen yang hanya diikuti delapan wakil terbaik itu.

“Tahun ini banyak pelajaran dan pengalaman yang kami ambil dari setiap pertandingan untuk introspeksi diri. Tampil di World Tour Finals, saya berharap itu jadi modal dan bisa main lebih lepas untuk ke depannya," kata Pitha.

“Pastinya kami ingin memberikan hasil maksimal di sana," ucap Rinov.