<i>Preview</i> Piala Dunia 2022 Amerika Serikat Vs Wales: Penampilan Pertama 'Si Naga' setelah 64 Tahun
Timnas Wales akan menghadapi Amerika Serikat di laga pertama Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@Cymru)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Wales akan menghadapi Amerika Serikat pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022 di Stadion Al Rayyan, Qatar, Selasa 22 November pukul 02.00 WIB. Ini merupakan penampilan pertama mereka di putaran final Piala Dunia dalam 64 tahun terakhir.

Wales yang saat ini dipimpin Gareth Bale, terakhir kali tampil di ajang empat tahunan tersebut pada edisi 1958 ketika Swedia menjadi tuan rumah. Saat itu mereka tersingkir di babak perempat final setelah kalah dari Brasil.

Kala itu Brasil diperkuat oleh pemain legendaris Pele yang berusia 17 tahun. Tim Samba akhirnya menjadi pemenang setelah mengalahkan tuan rumah di partai pamungkas dengan skor telak 5-2.

Penantian selama 64 tahun membuat seluruh Wales pun demam Piala Dunia. Diperkirakan tiga ribu penggemar Si Naga telah melakukan perjalanan ke Qatar untuk menonton tim kesayangan mereka bermain.

"Sekolah akan berhenti untuk menonton pertandingan kami. Itu adalah salah satu momen yang merupakan bagian besar dari sejarah, sesuatu yang kami inginkan," kata Bale dilansir BBC Sport, Senin, 21 November 2022.

Sementara itu, Amerika Serikat kembali ke putaran final Piala Dunia setelah melewatkan edisi sebelumnya pada 2018 lalu di Rusia. Ketika itu mereka gagal dengan cara yang menyedihkan menyusul kekalahan melawan Trinidad dan Tobago di kualifikasi terakhir mereka.

Di edisi tahun ini, Amerika juga menghadapi pertandingan ketat selama babak kualifikasi. Empat negara teratas yang otomatis lolos ke putaran final hanya dipisahkan oleh tiga poin, tetapi Amerika berhasil merebut salah satu dari tiga tempat atau berada tepat di atas Kosta Rika.

Amerika Serikat telah mencapai babak sistem gugur sebanyak empat kali dari tujuh penampilan terakhir mereka di turnamen. Namun, mereka selalu gagal mengalahkan lawan Eropa dalam sembilan upaya sebelumnya.

Di sisi lain, performa Wales memasuki putaran final juga tidak menawarkan banyak optimisme. Pasalnya, mereka belum pernah menang sejak menyegel tempat mereka di Qatar melalui kemenangan 1-0 atas Ukraina di babak playoff.

Hasil imbang 1-1 dengan Belgia adalah satu-satunya poin yang berhasil diraih tim asuhan Rob Page itu dalam kampanye Nations League baru-baru ini. Mereka kemudian menelan kekalahan kandang dan tandang dari Polandia dan Belanda yang membuat mereka terdegradasi dari League A.

Hasil itu sangat kontras dengan penampilan mereka selama kualifikasi Piala Dunia ini. Meskipun kalah dalam pertandingan pembuka dengan Belgia, Wales tetap tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan berikutnya di grup untuk finis di atas Republik Ceko.

Prakiraan Susunan Pemain Timnas Amerika Serikat vs Wales:

Amerika Serikat (4-3-3): Turner; Dest, Zimmerman, Long, A Robinson; Adams, McKennie, Aaronson; Reyna, Ferreira, Pulisic

Wales (5-2-3): Hennessey; C Roberts, Ampadu, Rodon, B Davies, N Williams; Allen, Ramsey; Bale, Moore, James