Timnas Portugal Bisa Memanfaatkan Cristiano Ronaldo Jadi Senjata yang Ampuh
Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri atas). (Foto: Twitter @selecaoportugal)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, sudah merilis daftar nama pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar. Satu di antaranya adalah Cristiano Ronaldo.

Pemanggilan Ronaldo sebenarnya mengundang banyak komentar. Tak sedikit yang meragukan kapasitas pemain berjuluk CR7 itu.

Apalagi jika melihat performanya di Manchester United. Selain mulai jarang dimainkan sebagai starter, Ronaldo juga mulai seret mencetak gol.

Itu juga yang kemudian merembet ke timnas. Dalam sembilan pertandingannya bersama A Selecao, Ronaldo gagal mencetak gol.

Meski demikian, mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu tetap mendapat dukungan dari rekan setimnya, Bernardo Silva. Menurutnya, Ronaldo bisa menjadi senjata ampuh jika timnya bisa memanfaatkan kehadirannya.

"Kenyataannya adalah ketika Anda memiliki pemain seperti Cristiano, wajar jika terkadang Anda bermain untuknya karena dia bisa memenangkan pertandingan untuk Anda di menit-menit akhir," ujar Bernardo seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Minggu, 13 November.

"Begitu juga dengan negara lain. Wajar, misalnya Prancis selalu mengandalkan (Kylian) Mbappe karena dia bisa menentukan pertandingan kapan saja. Brasil memiliki Neymar dan Argentina dengan Lionel Messi."

"Ketika Anda memiliki pemain seperti ini di pihak Anda, Anda harus memanfaatkan mereka, meskipun saya setuju Anda tidak bisa menjadi terlalu bergantung pada mereka karena ini dapat mengganggu dinamika tim. Namun, jika kami melakukannya dengan benar, memiliki Cristiano di tim kami akan menjadi senjata yang ampuh," lanjutnya lagi.

Portugal akan memulai perjuangan mereka di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Ghana pada 24 November. Setelah itu mereka akan menghadapi Uruguay dan juga Korea Selatan.

Berikut ini adalah daftar nama pemain timnas Portugal untuk Piala Dunia 2022 Qatar:

Penjaga gawang: Diogo Costa (Porto), Rui Patricio (Roma), Jose Sa (Wolves).

Pemain belakang: Joao Cancelo (Manchester City), Diogo Dalot (Manchester United), Nuno Mendes (Paris Saint-Germain), Ruben Dias (Manchester City), Pepe (Porto), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Danilo Pereira (Paris Saint-Germain), Antonio Silva (Benfica)

Pemain tengah: Joao Palhinha (Fulham), Matheus Nunes (Wolverhampton Wanderers), William Carvalho (Real Betis), Ruben Neves (Wolves), Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Mario (Benfica), Bernardo Silva (Manchester City), Vitinha (Paris Saint-Germain), Otavio (FC Porto)

Pemain depan: Joao Felix (Atletico Madrid), Cristiano Ronaldo (Manchester United), Rafael Leao (AC Milan), Ricardo Horta (Braga), Goncalo Ramos (Benfica), Andre Silva (RB Leipzig)