Menpora Kirim Surat ke FIFA soal SUGBK Mau Jadi Venue Piala AFF 2022
Menpora Zainudin Amali (jaket putih). (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengaku telah menyurati FIFA terkait penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai venue Piala AFF 2022. Sejauh ini, SUGBK tak boleh digunakan untuk kegiatan di luar Piala Dunia U-20.

"Untuk sementara, kegiatan non-Piala Dunia masih belum dibolehkan, bahkan termasuk Piala AFF, itu kami minta izin ke FIFA," ujar Menpora dalam laman resmi Kementerian,

Dalam surat itu, Menpora memberikan jaminan venue utama dan latihan yang ditunjuk untuk Piala Dunia U-20 2023 akan dijaga kondisinya.

"Saya sudah sampaikan surat ke FIFA untuk beberapa hal," tutur politisi dari Partai Golkar itu.

Menpora mengaku sudah berkomunikasi dengan PSSI terkait venue untuk Piala AFF. Dia mengungkapkan, induk sepak bola Indonesia itu sudah punya alternatif jika nantinya FIFA tak memberikan izin.

"Saya berkomunikasi dengan Sekjen PSSI (Yunus Nusi). Beliau sudah oke terkait Stadion Patriot atau Pakansari," kata Menpora.

Seperti diketahui, Piala AFF 2022 akan digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia masuk dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Dalam turnamen nanti, Timnas Indonesia kemungkinan besar akan diperkuat Jordi Amat dan Sandy Walsh. Proses keduanya kini mendekati tahap akhir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Keputusan Presiden (KEPPRES) untuk keduanya. Sandy dan Jordi kini tinggal mengucapkan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia.