16 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Sergio Ramos Harap Masuk Skuad Timnas Spanyol 
Sergio Ramos (Instagram.com/@sergioramos)

Bagikan:

JAKARTA — Sergio Ramos berharap dipanggil oleh pelatih Luis Enrique untuk masuk ke dalam skuad Spanyol yang akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar bulan ini setelah ia tampil baik bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Mantan pemain Real Madrid itu sejauh ini telah membuat 180 penampilan untuk timnas Spanyol, termasuk di empat Piala Dunia terakhir. Jumlah itu jauh lebih banyak dari pemain mana pun dalam sejarah negara itu.

Meski demikian, bek veteran tersebut tidak masuk dalam skuat Enrique untuk Piala Eropa tahun lalu karena dirundung cedera bersama Real Madrid. Masalah yang sama membuat ia hanya tampil delapan kali sebagai starter di Ligue 1 dalam musim pertamanya bersama PSG.

Namun, sekarang ia sudah fit dan telah tampil rutin pada awal musim ini. Oleh karena itu, ia pun menargetkan bisa kembali ke skuad La Furia Roja pertama kalinya sejak Maret 2021 melawan Kosovo.

"Semua orang tahu apa artinya bagi saya untuk membela negara saya. Setelah musim yang sulit, saya merasa bugar lagi. Saya bermain lagi dan saya siap. Saya masih berharap diseleksi dan bermimpi tampil di Piala Dunia," ujar Ramos, dilansir Monitor, Jumat, 4 November.

Ramos adalah bagian dari skuad Spanyol yang mengangkat trofi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Bersama Spanyol, ia juga sukses mempersembahkan trofi Piala Eropa back to back 2008 dan 2012.

Jika dipanggil ke dalam skuad Spanyol maka Piala Dunia di Qatar bisa menjadi penampilan terakhirnya. Pasalnya, ia sudah menginjak usia 40 tahun di edisi Piala Dunia berikutnya yang digelar di Amerika, Kanada, dan Meksiko, pada 2026 nanti.

"Saya harus menunggu dan terus bermain di level terbaik untuk meyakinkan pelatih. Saya harap saya akan memiliki kesempatan untuk bermain di Piala Dunia lagi," ujar dia.

"Jika saya pikir ini sudah berakhir, saya akan tinggal di rumah untuk merawat anak-anak saya, tetapi saya pikir saya bisa bertahan beberapa tahun lagi di level terbaik dalam sepak bola," ia menambahkan.

Timnas Spanyol saat ini sudah merilis 55 nama pemain yang siap diseleksi sebelum Piala Dunia 2022. Ramos masuk daftar itu, tetapi ia kabarnya tidak dibawa Enrique ke Qatar karena sang pelatih mau mengandalkan nama pemain muda.