16 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Ini Jam <i>Kick-off</i> Pertandingan Pembuka
Ilustrasi Piala Dunia 2022 (Instagram.com/@go.qatar.2022)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan Piala Dunia 2022 tidak sampai dua minggu lagi. Dihelat di Qatar, ini bakal jadi Piala Dunia paling tidak biasa karena sejumlah alasan.

Alasan utama mengapa ini jadi turnamen yang aneh adalah kenyataan bahwa Piala Dunia terjadi di musim dingin bagi sebagian besar dunia.

Ada juga kontroversi seputar pemberian turnamen ini kepada negara Teluk, perlakuan terhadap pekerja migran yang membangun stadion dan infrastruktur, dan undang-undang seputar homoseksualitas di negara tersebut.

Terlepas dari semua itu, 32 tim akan berpartisipasi dalam turnamen dan pertandingan pembukaan akan mempertemukan Qatar dengan Ekuador pada 20 November pukul 17:00 CET (16:00 GMT) atau 23.00 WIB di stadion Al Bayt.

Setelah undian diumumkan, Piala Dunia 2022 dijadwalkan dimulai pada 21 November. Semula, Belanda vs Senegal dan Inggris vs Iran lah yang akan bermain lebih dulu. Bukan tuan rumah Qatar.

Agar tidak mendobrak tradisi yang sudah dimulai sejak 2006 di mana negara tuan rumah membuka turnamen tersebut, disepakati bahwa Qatar dan Ekuador akan bermain pada 20 November. Alhasil, tradisi tersebut pun terus berlanjut.

Belanda dan Senegal adalah dua tim lain di grup ini bersama Qatar dan Ekuador.

Terkait persiapan negara peserta, liga-liga di Eropa akan mengambil jeda kompetisi sekitar 13 November. Tetapi di Meksiko, Liga MX telah diliburkan lebih awal dan fokus mereka telah beralih ke Qatar.

Hal yang sama juga dilakukan Amerika Serikat dan Jepang.