Simak! Ini Jam <i>Kick-off</i> Piala Dunia 2022 Qatar Berdasarkan Waktu Indonesia
Ilustrasi - timnas Inggris, salah satu tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Seluruh 32 tim perserta Piala Dunia 2022 kini sudah diketahui setelah Kosta Rika jadi negara terakhir yang pergi ke Qatar usai mengalahkan Selandia Baru pada babak play-off antarbenua. Jadwal kick-off juga sudah dikonfirmasi FIFA beberapa jam setelah pengundian selesai.

Laga pembuka kini akan mempertemukan Senegal melawan Belanda, yang sejujurnya merupakan laga yang lebih atraktif dibandingkan Qatar versus Ekuador yang kini menjadi laga ketiga turnamen tersebut.

Perubahan paling menonjol pada Piala Dunia untuk edisi 2022 adalah tanggalnya. Keputusan kontroversial untuk memilih negara bagian Timur Tengah Qatar sebagai tuan rumah berarti bahwa, karena panas yang berlebihan, turnamen harus dipindahkan dari slot tradisional Juni/Juli.

Berlangsung dari 21 November hingga 18 Desember, Piala Dunia Qatar terdiri dari 28 hari, berkurang tiga hari dari Piala Dunia terakhir (Rusia, 2018).

Meskipun periode waktunya dipersingkat, formatnya tetap sama - delapan grup yang terdiri dari empat grup dengan dua tim teratas masing-masing lolos ke babak sistem gugur.

Sementara itu, dengan Qatar empat jam di belakang Indonesia, tidak ada perbedaan signifikan untuk waktu kick-off Piala Dunia 2022 dengan edisi-edisi sebelumnya jika mengacu pada waktu Indonesia.

Namun, bagi para partisipan, dengan dipotongnya durasi turnamen menjadi tiga hari, akan ada empat pertandingan pada masing-masing dari delapan hari pertama turnamen yang sedikit memengaruhi mereka.

Pertandingan-pertandingan ini akan dimulai pada pukul 1 siang, 4 sore, 8 malam dan 11 malam waktu Qatar. Atau, jam 5 sore, 8 malam, 12 malam dan 3 dini hari waktu Indonesia. 

Adapun untuk babak terakhir pertandingan grup dan babak sistem gugur, pertandingan akan dimulai pada pukul 7 malam dan 10 malam waktu Qatar. Atau jam 11 malam dan 2 dini hari waktu Indonesia.

Final Piala Dunia 2022, pada hari Minggu, 18 Desember, akan dimulai pada pukul 7 malam waktu Qatar. Atau jam 11 malam waktu Indonesia.