Bagikan:

JAKARTA - Sirkuit Mandalika terus berbenah. Dalam waktu dekat, sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, itu akan menggelar balapan World Superbike 2022.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria mengatakan, saat ini tengah dilakukan perbaikan jalur lintasan, satu di antaranya pengaspalan ulang. Proses ini rencananya akan selesai dikerjakan pada pekan depan.

Priandhi mengaku, pengerjaan perbaikan jalur lintasan sudah berjalan sesuai dengan rencana.

"Kami sedang dalam tahap akhir untuk pengaspalan ulang dari tikungan satu ke satunya lagi," ujar Priandhi, seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, ada tantangan yang harus dihadapi timnya saat harus mengaspal ulang lintasan Sirkuit Mandalika. Pasalnya, jenis aspal di sirkuit kebangaan Indonesia ini terbilang unik.

Bahkan, dia mengklaim aspal di Sirkuit Mandalika tak digunakan di sirkuit manapun. "Membuat racikan untuk Sirkuit Mandalika tidak mudah," tuturnya.

Hal ini berkaitan dengan lokasi sirkuit yang berada di dekat laut. Selain itu, faktor cuaca juga membuat aspal di Sirkuit Mandalika tak bisa sembarangan.

"Siang panas, kemudian sore berubah dingin, dan malah bisa basah atau lembab," jelasnya.

Namun, pihaknya sudah menemukan racikan yang tepat. Ini merupakan hasil dari Dromo selaku konsultan yang sudah punya pengalaman.

"Mereka membawa batu-batuan dari Indonesia dan peracikan aspal dilakukan di Jerman dan Italia. Menurut mereka ini adalah racikan baru," ujar Priandhi.

Selain pengaspalan ulang, pengelola Sirkuit Mandalika juga melakukan pelebaran kerb. Seperti diketahui, kini ada Misano Kerb.

"Untuk kerb sudah rampung dan tinggal mempercantik atau pengecatan saja. Target untuk semuanya rampung pada 25-27 Oktober ini," tuturnya.

Priandhi kemudian mengungkapkan, pengaspalan ulang ini sesuai permintaan dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Selain itu, ini juga untuk menyambut gelaran Superbike yang dihelat 11-13 November 2022.