MGPA Optimistis Trek Sirkuit Mandalika Rampung Sesuai Target Sebelum 10 Maret
Ilustrasi Sirkuit Mandalika (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Mandalika Grand Prix Association optimistis proses pengaspalan ulang Sirkuit Pertamina Mandalika akan rampung sesuai target 10 Maret nanti di saat lintasan balap di Lombok itu berbenah jelang gelaran MotoGP bulan ini.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam media briefing virtual pada Rabu mengatakan proses pembenahan lintasan telah dimulai setelah sebelumnya alat-alat berat telah didatangkan ke Mandalika.

"Hari ini, sudah berlangsung simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil," kata Priandi dikutip Antara.

"Pengaspalan akan dilakukan pada 4-8 Maret. Sementara pengecatan dilaksanakan 9 Maret."

Sebelumnya, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM selaku regulator balap mewajibkan sebagian lintasan Sirkuit Mandalika diaspal ulang menyusul hasil evaluasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari lalu.

Selama tiga hari penyelenggaraan tes, para pebalap mendapati aspal di sebagian lintasan mengelupas dan permukaan trek yang kotor dan berdebu, bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan.

Dorna dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Saat ini, Priandhi menuturkan, sebelum pengaspalan ulang, lintasan telah dikelupas dan dibersihkan untuk memungkinkan aspal melekat dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan pada masa mendatang.

Ia menegaskan target penyelesaian pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika adalah paling lambat 10 Maret. "Tapi kami berharap semuanya rampung sebelum target tersebut."

Selain mengejar pengerjaan lintasan, MGPA dan PT Pengembang Pariwisata Indonesia ITDC selaku pemilik sirkuit juga sedang membangun tribun penonton dari berbagai kelas di sekitar sirkuit.

Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan penyelenggara menyediakan tiga kelas tribun yaitu standard grand stand, premium grand stand dan VIP hospitality suites, yang bisa menampung kurang lebih 53 penonton setiap harinya.

Arie menuturkan, pengerjaan tribun penonton paling lama selesai 16 Maret. "Mudah-mudahan kita bisa selesaikan lebih cepat," kata dia.

Sirkuit Pertamina Mandalika akan menjadi saksi kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 25 tahun pada 18-20 Maret mendatang saat sirkuit di pesisir Lombok, NTB itu menjadi tuan rumah balapan seri kedua di kalender