Wahyu Nugroho Jadi Pebalap Pertama Indonesia yang Turun di Ajang R3 bLU CRU European Cup 2022
Pebalap muda berbakat Indonesia Wahyu Nugroho (INSTAGRAM @wahyu_nugroho89)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap muda berbakat Indonesia Wahyu Nugroho bakal berlaga di ajang R3 bLU cRU European Cup 2022. Ini merupakan musim pertama bagi rider asal Boyolali, Jawa Tengah itu.

Dia akan balapan menggunakan motor YZF-R3 yang merupakan produksi pabrikan Yamaha Indonesia. Wahyu Nugroho menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di R3 bLU cRU European Cup ini.

"Terima kasih kepada Yamaha dan tim Yamaha Racing Indonesia yang memberikan kesempatan emas bagi saya berkompetisi di R3 bLU cRU European Cup 2022. Insya Allah saya akan berupaya mengeluarkan kemampuan terbaik dan dapat menjadi juara," ungkap Wahyu Nugroho dalam laman resmi IMI.

Wahyu Nugroho memiliki potensi untuk berada di jajaran top rider. Terlebih ia punya pengalaman tampil kompetitif saat berstatus sebagai rookie kelas Asia Production 250 (AP250) Asia Road Racing Championship (ARRC) 2020.

Saat itu Wahyu yang turun menggunakan YZF-R25 bisa mendapat hasil seri perdana finish ke-4 race 1 dan 2 di sirkuit Sepang. Berkat penampilan tersebut ia pun diberikan kesempatan mencoba tantangan baru di level lebih tinggi R3 bLU cRU European Cup 2022. 

Ini yang membuat pembalap berusia 19 tahun itu semakin terpacu untuk membuktikan kapasitas terbaiknya. Ia sekarang rutin melakukan persiapan latihan motor, fisik dan mengikuti berbagai event balap nasional.

"Dan saat mulai balapan di Eropa nanti, saya akan mencoba untuk secepat mungkin beradaptasi karena ini merupakan tantangan dengan karakter sirkuit serba baru yang belum pernah saya coba. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik di tahun ini," kata Wahyu.

Wahyu akan mengasah skill balapnya sebelum tampil di kompetisi resmi dengan berlatih di Aragon, Spanyol, [pada 18 Maret 2022. Setelah itu dia bakal bertarung pada putaran perdana di trek yang sama pada 8-9 April 2022.

R3 bLU cRU European Cup merupakan ajang balap motor satu merek yang menjadi supporting race dari FIM Superbike World Championship. Pada tahun ini, akan ada enam putaran dan satu tes resmi yang akan digelar oleh Yamaha Racing untuk R3 bLU cRU European Cup 2022.