Cavaliers Pastikan Tak Ada Kerusakan Struktural pada Cedera Kelopak Mata Darius Garland
Darius Garland (Instagram darius_garland)

Bagikan:

JAKARTA - Cleveland Cavaliers mendapatkan kabar baik setelah memastikan bintang mereka Darius Garland tidak mengalami cedera parah ataupun kerusakan struktural di kelopak mata yang dideritanya di gim pembuka NBA musim ini.

Guard All-Star itu tak bisa menuntaskan pertandingan yang berakhir dengan Cavaliers kalah 105-108 dari tuan rumah Toronto Raptors pada Rabu (19/10) setempat, setelah kelopak matanya baret usai tanpa sengaja tercolok jari tangan guard lawan Gary Trent Jr. yang berusaha mencuri bola.

Garland langsung diterbangkan ke Cleveland dan sehari kemudian menjalani pemeriksaan lanjutan di Cleveland Clinic Cole Eye Institute mendapati cederanya tidak menimbulkan kerusakan struktural di kelopak mata.

"Tentu itu tidak terlihat menyenangkan," kata pelatih kepala Cavaliers J.B. Bickerstaff seperti dikutip Antara dari situs resmi NBA, Jumat.

"Ketika Anda menerima pukulan tepat di bagian dalam kelopak mata, tentu akan menimbulkan bengkak dan membuat bola mata merah. Semoga dia lekas membaik," ujarnya menambahkan.

Cavaliers menyatakan akan meninjau ulang kondisi Garland dalam dua hari ke depan, tetapi tampaknya ia akan absen saat mereka bertandang ke markas Chicago Bulls pada Sabtu (22/10) waktu setempat.

Sehari berselang Cavaliers akan menjalani gim kandang pertama musim ini menjamu Washington Wizards.

Setelah matanya tercolok, Garland terkapar di atas lapangan selama beberapa menit sebelum dipapah pelan-pelan ke ruang ganti.

Bickerstaff yang sempat bertemu Garland sebelum si pemain terbang ke Cleveland, mengaku tidak paham apakah guard-nya itu mengalami masalah serius dengan penglihatannya akibat insiden itu.

"Yang jelas matanya lebih banyak tertutup. Tentu sulit untuk melihat ketika matamu tertutup. Tapi ketika dia bisa membuka mata, dia masih bisa melihat," ujarnya.

Belum diketahui berapa lama Garland akan menepi, tapi Bickerstaff sepertinya harus mengampu tugas bongkar pasang pancamula laiknya yang ia lakukan musim lalu.

Point guard senior Raul Neto, yang digaet Cavaliers pada musim panas ini, bisa mendapat menit bermain lebih dari situasi ini, sementara beban tim tentunya akan beralih sepenuhnya ke pundak bintang baru Donovan Mitchell.

Garland mengalami perkembangan pesat musim lalu sembari menahbiskan diri menjadi salah satu point guard terbaik NBA, setelah membukukan rata-rata 21,7 poin dan 8,6 assist sembari membantu Cavaliers meraih 22 kemenangan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Performa itu mengantarkan Garland untuk pertama kalinya menembus tim All-Star dan membuatnya disodori kontrak lima tahun senilai 193 juta dolar AS oleh Cavaliers.