Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao memiliki banyak dampak positif. Dua kemenangan itu tak hanya meningkatkan mental para pemain.

Kemenangan 3-2 dan 2-1 yang diraih Timnas Indonesia juga turut mendongkrak posisi Indonesia di ranking FIFA. Skuad Garuda bakal melangkahi empat negara lainnya.

Timnas Indonesia diyakini akan berada di ranking 151 setelah mengumpulkan 14,82 poin tambahan. Dengan jumlah itu, Indonesia yang tadinya punya 1019,19 poin bertambah jadi 1034,1.

Pencapaian itu juga membuat timnas Indonesia mampu melangkahi empat negara lain yaitu Republik Dominika (1.031 poin), Andorra (1.028 poin), Yaman (1.023 poin) dan Afghanistan (1.023 poin).

Sementara itu, dua kekalahan yang diterima timnas Curacao dalam agenda FIFA Matchday ini justru membuat mereka akan turun ke posisi 86 ranking FIFA.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dua kali melawan Curacao pada FIFA Match Day. Pada laga pertama yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Surabaya pada 24 September lalu, tim asuhan Shin Tae-yong menang 3-2.

Tiga hari berselang, pertemuan kedua tim kembali terjadi. Laga kedua ini berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor pada 27 September yang kembali dimenangkan oleh Skuad Garuda dengan skor 2-1

Dua gol kemenangan timnas Indonesia di pertandingan kedua dilesakkan Dimas Drajad pada menit ke-2 di babak pertama. Sementara gol kedua diciptakan Dendy Sulistyawan menjelang berakhirnya laga.

Nama Dimas Darajat juga menjadi penentu kemenangan di pertandingan pertama saat Indonesia menang 3-2 di Surabaya.