Menpora Percaya PBSI Bisa Selesaikan Masalah Kevin-Herry IP: Ini Urusan Kesalahpahaman
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali belum mau turun tangan mengatasi masalah perselisihan Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan sang pelatih, Herry Iman Pierngadi.

Dia mengatakan, ini merupakan urusan dari PBSI. Dia menyakini, induk cabang olahraga bulu tangkis itu sudah punya solusinya.

"Saya pesankan ini menjadi urusan federasi PBSI. Saya yakin bahwa PBSI bisa mencarikan jalan keluar," ujar Menpora Amali, seperti dilansir dari Antara.

Namun, jika ada permintaan, pria asal Gorontalo ini siap membantu.

"Saya masih menyerahkan kepada federasi, kalau federasi bilang minta tolong supaya pemerintah ikut ini tentu kita ajak ngomong," tutur Menpora.

"Tetapi kalau enggak, selama masih bisa diatasi oleh federasi tentu kita persilakan federasi untuk cari jalan keluar supaya ini bisa akur kembali," lanjutnya.

Menpora kemudian menyebut, perselisihan antara pemain dan pelatih hal yang biasa terjadi. Bahkan, hal ini juga kerap terjadi di cabang olahraga lain.

"Ini urusan kesalahpahaman, itu pasti urusan komunikasi, kalau diajak ngomong saya punya keyakinan (untuk akur). Di cabang olahraga lain kita sudah berhasil seperti itu," ujar politisi Golkar itu.

Diberitakan sebelumnya, Herry IP dilaporkan sudah tak menangani Kevin lagi. Hal ini dikatakannya, merupakan permintaan Kevin sendiri.

"Kevin tidak mau berlatih dengan saya. Lebih baik tanya Kevin saja," kata Herry IP.

Herry mengaku tidak mengetahui alasan Kevin enggan berlatih dengannya. Dia mengetahui hal tersebut setelah mendapat kabar dari Asisten Pelatih Ganda Putra Aryono Miranat seusai Indonesia Open 2022 yang bergulir 14-19 Juni lalu.

"Katanya, Kevin sudah tidak cocok berlatih dengan saya. Kalau sudah tidak merasa cocok, ya sudah tidak usah latihan dengan saya," ujarnya menambahkan.

Kevin Sanjaya, kata Herry, tetap berlatih di Pelatnas Cipayung. Hanya saja, dia memisahkan diri dengan skuad ganda putra yang diasuh oleh sosok pelatih berjuluk Naga Api tersebut.

"Kalau sekarang latihannya dengan teman-teman di pratama dan mix (ganda campuran). Latihan tetap di pelatnas, tapi tidak gabung dengan ganda putra," ujar Herry.