Profil Herry IP dan Awal Mula Dijuluki Coach Naga Api
Herry IP (tengah) (Instagram.com/@herry_ip)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Herry IP menuai sorotan setelah PBSI secara resmi mengganti posisinya sebagai pelatih kepala di sektor ganda putra bulutangkis. Lalu siapa ia sebenarnya?

Profil Herry IP

Herry Iman Pierngadi atau akrab disapa Herry IP adalah pelatih bulutangkis yang lahir pada 21 Agustus 1962 di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Kepiawaiannya melatih atlet bulutangkis membuatnya dijuluki sebagai Coach Naga Api.

Karier kepelatihannya diawali saat ia menjadi pelatih di klub Tangkas pada tahun 1989. Setelah empat tahun berjalan, ia berpindah ke Dewan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Indonesia atau PBSI (1993) yang jadi pelatih pratama di pemusatan latihan nasional (pelatnas) Cipayung. Sampai tahun 1999, ia dipromosikan menjadi pelatih ganda putra di Cipayung. Sejak saat itulah ia berhasil menghasilkan atlet ganda putra yang diakui oleh dunia.

Beberapa atlet badminton yang pernah dilatih oleh Herry IP seperti Chandra Wijaya, Tony Gunawan, Sigit Budiarto, Flandy Limpele, Eng Hian. Sedangkan atlet muda yang pernah merasakan tangan dinginnya adalah Kevin Sanjaya, Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan, dan Mohammad Ahsan.

Di balik keberhasilannya melatih atlet tingkat dunia, pelatih Herry IP dijuluki dengan sebutuan Coach Naga Api. Julukan tersebut ternyata bukan berasal dari Indonesia.

Dalam film dokumenter unggahan Gabriel Luciana di kanal Youtubenya, Herry IP sempat menceritakan bagaimana awal mula julukan tersebut untuknya. Menurut pengakuannya, Herry sendiri tak tahu tentang alasan mengapa ada julukan Naga Api karena nama itu justru dibuat oleh Badminton Lovers (BL) dari China.

“Karena memang kalau naga itu, kalau di China paling hebat paling kuat gitu. Seinget saya yang ngasih nama Coach Naga Api itu BL dari China. Karena kita banyak bertanding banget di China," jelas Herry IP, dikutip Jumat, 1 Agustus.

Menanggapi julukan tersebut Herry merasa tak keberatan, bahkan ia menikmati sebutan tersebut yang sampai sekarang terus identik dengan dirinya.

Julukan Naga Api memang dirasa pantas untuk Herry IP. Pasalnya banyak anak didiknya yang berhasil menyabet prestasi tingkat dunia. Beberapa yang berhasil adalah sebagai berikut.

  • Chandra Wijaya / Tony Gunawan (Juara Inggris 1999 dan Juara Olimpiade 2000
  • Chandra Wijaya / Sigit Budiarto (2003 All England & 1997 World Champions)
  • Flandy Limpele / Eng Hian (peraih medali perunggu Olimpiade 2004)
  • Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan (Juara All England Open tahun 2014 dan 2019 dan medali emas Asian Games)
  • Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Juara All England Open 2017 & 2018 dan peraih medali di 2018 Asian Games)
  • Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (final Denmark Open 2022)

Jabatan Herry IP Terbaru

Seperti disinggung sebelumnya, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah menunjuk Herry Iman Pierngadi menjadi pelatih kepala ganda campuran di Pelatnas Cipayung. Penggantian diumumkan pada hari Jumat, 1 September 2023.

Herry IP pun telah menyanggupi tanggung jawab baru yang diembannya. Ia disebut akan segera menyusun program pelatihan, termasuk memilih siapa sosok yang akan jadi asisten pelatih.

"Herry yang sudah sangat berpengalaman diharapkan bisa membagi ilmunya di ganda campuran agar Rehan/Lisa dan kawan-kawan mampu kembali berprestasi," tulis PBSI dalam keterangan.

Itulah informasi terkait profil Herry IP. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.