MotoGP Umumkan Kazakhstan Jadi Tuan Rumah Baru Mulai Musim 2023
MotoGP akan digelar di Kazakhstan. (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - MotoGP resmi memasukkan Grand Prix Kazakhstan dalam kalender balap mereka mulai 2023. Kontrak berdurasi lima tahun pun sudah ditandatangani.

Pengumuman resmi disampaikan MotoGP melalui situs resmi mereka pada Selasa, 27 September. Balapan nantinya akan berlangsung di Sokol International Racetrack.

"MotoGP World Championship akan datang ke Kazakhstan! Tahun 2023 akan menjadi awal dari kesepakatan berdurasi lima tahun di mana MotoGP akan mendarat di tempat baru, mengingat Sokol International Racetrack bergabung dalam kalender balap," demikian pernyataan MotoGP.

Kazakhstan masuk dalam kalender balap setelah dilandasi beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah memperluas basis penggemar di wilayah Asia Tengah.

"Terletak di luar kota terbesar Kazakhstan, Almaty, Sokol merupakan kompleks motorsport baru yang dibangun di jantung Asia Tengah," tulis MotoGP.

"Area ini akan menjadi pitstop teranyar bagi MotoGP, mengingat ajang ini terus melebarkan sayap di seluruh dunia, menggaet pasar dan basis penggemar baru," tambah mereka.

Ini adalah pertama kalinya Kazakhstan ditunjuk menjadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi itu. Hanya saja detail terkait tanggal balapan di sana belum dirinci pihak MotoGP.

Beberapa rumor yang berkembang menyebut Grand Prix Kazakhstan akan berlangsung pada pertengahan musim. Namun, kepastiannya akan tetap menunggu jadwal yang dirilis oleh pihak MotoGP.

Kazakhstan akan menjadi negara ke-30 yang menggelar Grand Prix MotoGP. Sementara itu, Sokol International Racetrack merupakan tempat ke-74 yang menjadi lokasi berlangsungnya balapan.