Peselancar Indonesia Raih Perak di ISASURF 2022 California AS
Ajang ISASURF 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat/DOK KJRI Los Angeles

Bagikan:

JAKARTA - Nama Indonesia kembali melambung di kancah internasional. Kali ini kabar baik datang dari olahraga surfing atau selancar, di mana kontingen Indonesia berhasil meraih medali perak di ajang ISASURF 202 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat.

Kompetisi yang diselenggarakan International Surfing Association (ISA) digelar tanggal 6-24 September. Kompetisi ini merupakan rangkaian pertandingan kualifikasi untuk menuju olimpiade Paris 2024.

Kontingen Indonesia dalam kompetisi selancar ISASURF 2022 menyertakan 3 atlet berbakat asal Bali di antaranya Dhany Widianto, pendatang baru di kompetisi ISA, I Ketut Agus Aditya Putra peringkat pertama WSL Qualifying Series Asia Region tahun 2018, dan Rio Waida peringkat satu dunia challenger series yang juga andalan Indonesia dengan segudang prestasi di ajang kompetisi selancar internasional.

Saat ditemui tim KJRI Los Angeles di hari ke-5 pertandingan, pelatih kontingen Indonesia Dylan Amar sejak awal kompetisi merasa optimis bahwa kontingen Indonesia akan mendapatkan hasil memuaskan di ISASURF 2022 dan bisa mengamankan kuota Indonesia pada Olympiade Paris 2024.

“Kami percaya Indonesia akan selalu memberikan hasil yang memuaskan, dan berharap tahun depan Rio Waida dapat mempertahankan prestasi yang selama ini  dia capai,“ kata Dylan dikutip dari keterangan Pensosbud KJRI Los Angeles, Senin, 26 September.

Jika prestasinya dapat dipertahankan maka Rio dipastikan akan bergabung dalam kasta tertinggi untuk cabang olahraga selancar. 

Ajang ISASURF 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat/DOK KJRI Los Angeles

 

Dalam pertemuan dengan para atlet, Konjen RI di Los Angeles Saud Krisnawan menyampaikan dukungan penuh kepada kontingen selancar Indonesia, baik saat bertanding pada kompetisi ISASURF, maupun kompetisi lainnya di wilayah akreditasi Los Angeles.

Tim KJRI Los Angeles secara khusus datang di hari ke-5 tersebut untuk memberikan dukungan kepada Rio Waida yang saat itu berhasil mendapat skor tertinggi dan bertengger di posisi teratas puncak klasemen sementara.

Setelah mengikuti kompetisi ISASURF 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, Ketut dan Rio akan melanjutkan perjalanan ke Lisbon, Portugal untuk mengikuti kompetisi World Surfing League (WSL) yang juga rangkaian kualifikas menujui Olimpiade Paris 2024.

Perhelatan ISASURF 2022 kali ini diikuti lebih 200 atlet pria dan wanita yang mewakili 50 negara, termasuk 3 negara pendatang baru diantaranya Arab Saudi, Aljazair, dan Afghanistan.