Roger Federer Duet dengan Rafael Nadal di Turnamen Terakhirnya
Roger Federer (kiri) dan Rafael Nadal. (FOTO/INSTAGRAM @lavercup)

Bagikan:

JAKARTA — Penyelenggara Laver Cup 2022 memastikan Roger Federer akan bermain di nomor ganda bersama Rafael Nadal untuk pertandingan terakhir dalam karirnya sebelum pensiun.

Pemilik 20 gelar Grand Slam itu akan masuk lapangan bersama Nadal di O2 Arena, London, Jumat besok. Keduanya akan berjumpa dengan Jack Sock dan Frances Tiafoe.

Federer sendiri sebelumnya menginginkan bisa berpasangan dengan Nadal sebagai skenario impian sebelum gantung raket.

Keinginan itu karena Nadal merupakan salah satu rivalnya yang selalu menjaga rasa hormat terlepas dari persaingan mereka di lapangan dalam berbagai ajang besar.

"Saya pikir mungkin pesan yang bagus juga untuk tidak hanya tenis, tetapi olahraga dan bahkan mungkin lebih dari itu," kata Federer dilansir AFP.

Federer dan Nadal punya hubungan yang sangat harmonis di luar lapangan meskipun terlibat rivalitas tinggi pada masanya.

Menurut catatan ATP, kedua petenis ini bertemu di ajang kompetitif sebanyak 40 kali sejak Miami Masters 2004. Dari total itu Nadal menang sebanyak 24 kali, sedangkan Federer memenangi sisanya.

Adapun pertemuan mereka di final Grand Slam terjadi sebanyak sembilan kali. Nadal tercatat keluar sebagai pemenang sebanyak enam kali.

Laver Cup akan menjadi ajang kompetitif terakhir bagi Federer. Petenis Swiss itu sebelumnya mengumumkan akan pensiun pekan lalu karena fisiknya sudah tidak memungkinan untuk bersaing.

Federer terakhir kali memainkan pertandingan kompetitif di perempat final Wimbledon tahun lalu saat ia menelan kekalahan dari Hubert Hurkacz.