Marcus/Kevin Turun Takhta dari No.1 Dunia ke Posisi Kedua
Kevin Sanjaya Sukamuljo /Marcus Fernaldi Gideon di ajang Piala Thomas 2022. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo turun takhta dari nomor satu dunia ke posisi kedua setelah Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF) memperbarui daftar ranking.

Bergesernya tempat dari pasangan andalan Indonesia tersebut terkonfirmasi berdasarkan senarai peringkat terbaru pebulu tangkis dunia di laman resmi BWF yang dilihat pada Selasa, 20 September.

Marcus/Kevin turun ke posisi kedua setelah menduduki tempat pertama di sektor ganda putra dalam lima tahun terakhir. Tempat pertama sekarang diisi oleh pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Minions harus merelakan takhta mereka ke tangan pasangan Jepang setelah poin ranking dunia pekan ke-40 sampai pekan ke-43 tahun 2019 dinyatakan kadaluarsa. Itu otomatis membuat poin pasangan Indonesia ini hangus.

Sementara itu, di tempat ketiga saat ini dihuni oleh juara Olimpiade Tokyo 2020 asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin. Menyusul setelah itu adalah ganda veteran Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Posisi kelima menjadi milik ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, diikuti oleh pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di tempat keenam.

Sementara itu, di sektor lain tidak ada perubahan signifikan. Di tunggal putra wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting masih menempati posisi keenam, sedangkan Jonatan Christie di tempat kedelapan.

Posisi puncak di nomor ini masih dipegang oleh Viktor Axelsen. Pebulu tangkis asal Denmark itu mengumpulkan 122606 poin, disusul Kento Momota di urutan kedua dengan 92904 poin.

Untuk tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung masih di posisi ke-23. Adapun di ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti naik ke posisi ke-28.

Lalu pada nomor ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti belum digeser dari peringkat kelima dunia.